Sayang, Keindahan Alam Sumba Belum Terekspos

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 04 Aug 2017 11:49 WIB
berita dpr
Sayang, Keindahan Alam Sumba Belum Terekspos
Parade 1.001 kuda di Lapangan Galatama di Tambaloka, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017). Foto: MI/Palce Amalo

Metrotvmews.com, Jakarta: Anggota Komisi X DPR Anita Jacob Gah menilai daerah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi keindahan alam. Namun, hal itu tidak didukung promosi yang memadai.
 
"Banyak sekali keunikan dan kekhasan di Sumba yang bisa dijadikan obyek wisata, namun belum terekspos," kata Anita dalam keterangan tertulis, Jumat 4 Agustus 2017.

Anita mengungkapkan, salah satu potensi wisata di Sumba Timur, yaitu Kampung Raja Praliu. Di kawasan tersebut, terdapat rumah adat berbentuk panggung, berdinding papan, dan beratap rumbai-rumbai yang disusun meninggi.

"Dulu, ini merupakan tempat tinggal raja-raja di Sumba. Sampai sekarang keasliannya masih terjaga, budaya dan nilai historisnya sangat tinggi. Tapi sayang tidak terekspos, tidak banyak orang yang tahu, sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Orang hanya tahu pariwisata di NTT itu Flores dan Pulau Komodo," ujar dia.


Anggota Komisi X DPR kunjungan kerja ke Sumba Timur. Foto: dok DPR

Anggota Komisi X lainnya Junico Siahaan menyebutkan perlu keseriusan dalam mengelola potensi wisata di Pulau Sumba, khususnya Sumba Timur. Menurutnya, harus ada promosi khusus atau acara untuk mendatangkan wisatawan.

Misal, menunjuk seorang duta yang dianggap tersohor untuk mengenalkan keindahan alam di Sumba Timur.

Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali mengungkapkan banyak potensi wisata alam di Sumba Timur yang tidak kalah dengan daerah lain. Salah satunya Pantai Nikiwatu dan Pantai Tarembang yang sangat cocok untuk surfing.


(TRK)