Kuliner ala Chef Bara

Sate Kambing Lebih Nikmat Bila Dicocol Saus Sambal

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 05 Apr 2017 08:00 WIB
kuliner
Sate Kambing Lebih Nikmat Bila Dicocol Saus Sambal
(Foto: Rommy Pujianto/MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski hampir semua masakan di Indonesia memiliki cita rasa pedas, ada anggapan dimana makanan akan terasa aneh bila disantap bersama saus sambal. Pempek misalnya, dianggap lebih "berjodoh" dengan kuah cuko dibanding saus sambal.

Begitu juga dengan sate kambing yang dianggap lebih nikmat apabila disantap bersama bumbu kecap.

Namun, Chef Bara tak mau terpaku dengan aturan tersebut. Sebagai juru masak, ia mencoba menyatukan dua makanan yang kerap dianggap tak lazim untuk disantap bersama. Seperti sate kambing dengan saus sambal.

"Sate kambing. Makanan ini sangat cocok bila didampingi dengan sambal," ujarnya saat ditemui dalam konfrensi pers kompetisi 'Tantangan Sambal ABC Season 2', Selasa (4/4/2017).

Ia juga menyebut ikan Gohu dari Ternate. Ikan mentah yang disebut-sebut sebagai sashimi ala Indonesia tersebut akan semakin terasa nikmat bila dikucuri dengan jeruk Kasturi yang kemudian dilengkapi dengan sambal sebagai pelengkap.

"Ada sensasi asam pedas saat saat kita mengigitnya di mulut," ungkapnya bersemangat.

Chef Bara rupanya juga senang makan bakpia dengan ditemani sambal. Menurutnya, campuran rasa dari gurih, manis, dan pedas membuat cemilan tersebut memberi sensasi yang berbeda.

"Enak dimakan selagi hangat waktu kejunya masih meleleh, berpadu dengan rasa gurih dari kulit bakpia dan pedasnya sambal." kata Bara.


(DEV)