Susu Kambing Paling Baik untuk Membuat Keju

Raka Lestari    •    Jumat, 24 Nov 2017 09:00 WIB
kuliner
Susu Kambing Paling Baik untuk Membuat Keju
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bahan dasar untuk pembuatan keju berasal dari susu. Berbagai macam susu bisa digunakan untuk membuat keju, mulai dari susu sapi, susu kambing, susu domba, sampai susu kerbau juga bisa digunakan.

Ada juga keju yang berbahan dasar rendah lemak sehingga aman bagi penderita kolesterol. Indonesia memiliki potensi cukup besar untuk mengembangkan pembuatan keju.

"Keju yang terbaik itu berasal dari susu kambing. Namun tidak semua orang menyukainya karena baunya yang sangat kuat." ujar Andrea Torelli dalam acara Seminar on Italian Regional Cheese di Jakarta, Kamis, 23 November 2017.

"Saya biasanya membuat keju dari susu asli Indonesia. Tapi kalau untuk susu kerbau saya terkadang masih membawanya dari Italia karena kualitas susu kerbau di Indonesia masih belum terlalu bagus," tambah dia.

Menurut Andrea, proses pembuatan keju harus dilakukan secara hati-hati karena dikhawatirkan bakteri yang digunakan dalam proses pembuatan keju bercampur dengan bakteri-bakteri lainnya yang dapat merusak rasa keju.




(DEV)