Trik Hemat Pengeluaran Saat Makan di Restoran

   •    Jumat, 17 Nov 2017 12:05 WIB
wisata
Trik Hemat Pengeluaran Saat Makan di Restoran
Ilustrasi rumah makan. (Foto: MI/Adam Dwi)

Jakarta: Makan bersama merupakan salah satu cara menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dekat. Mayoritas orang lebih memilih makan di kedai, restoran, atau kafe untuk menikmati waktu bersama.

Namun terkadang, memilih makan di luar tentu akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Lalu bagaimana menyiasati agar tetap enak makan di luar tetapi tak menguras kantong?

Bawa Minum Sendiri
Ada beberapa restoran yang menyediakan sebotol air mineral dengan harga yang wajar. Namun tak sedikit juga yang mematok harga tiga hingga empat kali lipat lebih mahal. Untuk menghemat, ketimbang membeli minuman di tempat, membawa minum dari rumah adalah pilihan yang bijak.

Berbagi makanan
Terkadang sebuah tempat makan menyajikan makanan lebih dari porsi yang Anda butuhkan. Daripada uang Anda terbuang percuma, berbagi makanan dengan rekan mungkin jadi alternatif untuk menghemat pengeluaran.

Anda hanya perlu memesan hidangan pembuka atau aneka sup untuk memperkaya rasa dan pilihan makanan. Setelah itu total harga yang harus Anda bayar bisa dibagi dengan rekan Anda.

Hadiah
Beberapa tempat makan sering menawarkan minum, makanan pembuka, atau makanan penutup secara gratis dengan syarat tertentu. Jika itu ada di tempat favorit Anda tidak ada salahnya untuk bertanya apakah akan ada program berhadiah. Jika ya, ikutlah dan pastikan Anda memberikan tanggal lahir dengan jelas. Sebab beberapa tempat makan akan memberikan makanan gratis di hari istimewa Anda.

Beli satu gratis satu
Mungkin ini adalah satu-satunya penghematan yang diharapkan oleh banyak orang. Anda bisa mengajak satu orang teman untuk membagi tagihan atau mengambil keduanya dan menyimpan separuhnya untuk nanti.

Bawa pulang sisa makanan
Mengambil sisa makanan memang tak benar-benar menghemat sebab Anda tetap membayar penuh makanan yang Anda pesan. Tapi jika Anda memutuskan makan malam di luar dan masih ada sisa yang bisa 'diselamatkan' tidak ada salahnya untuk meminta pelayan untuk membungkuskannya untuk Anda untuk disantap esok hari.

Datang saat hari ulang tahun
Banyak restoran menawarkan makanan gratis di momen atau tanggal tertentu. Jika itu bertepatan dengan hari ulang tahun Anda, cobalah. Pastikan Anda punya identitas yang valid sebab perusahaan akan memeriksa informasi sebelum Anda mendapatkan layanan gratis itu.




(MEL)