Tips Berwisata Murah di Bandung yang Perlu Anda Tahu

M Studio    •    Senin, 12 Feb 2018 11:16 WIB
wisata jawa barat
Tips Berwisata Murah di Bandung yang Perlu Anda Tahu
Di Bandung banyak lokasi wisata gratis (Foto:Dok)

Bandung: Selain terkenal dengan destinasi wisata alam, Bandung juga selalu menawarkan wisata baru dari waktu ke waktu. Maka, wajar saja Kota Kembang menjadi salah satu tujuan wisata yang populer saat liburan. Udara yang sejuk, budaya yang kaya, kuliner yang enak, dan pusat perbelanjaan yang lengkap menjadi daya tarik utama kota ini.

Sayangnya, harga-harga saat liburan umumnya meningkat sehingga budget wisata di Bandung bisa membengkak. Nah, bagaimana caranya agar bisa berwisata murah di Bandung?

1. Patuhi Peraturan di Kota Bandung

Seperti kata peribahasa “lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.” Sebagai wisatawan kita perlu menghormati peraturan yang berlaku di kota yang dikunjungi. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk bayar denda gara-gara tidak mematuhi peraturan di Bandung ini, ya!

Pertama, berusahalah menghindari penjaja makanan yang berjualan di zona merah. Kedua, jangan buang sampah sembarangan atau memberi santunan di jalan kepada pengemis. Ketiga, jangan asal parkir sebab kendaraan Anda bisa ditempeli stiker tilang yang sulit hilang. Meski kelihatannya sepele, melanggar peraturan tersebut dapat membuat Anda dijatuhi hukuman denda. Maka, daripada harus menambah pengeluaran, ingatlah untuk selalu memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada.

2. Gunakan Bahasa Sunda untuk Tawar-Menawar Barang

Bukan tidak mungkin Anda mendapatkan diskon saat tawar-menawar barang menggunakan Bahasa Sunda. Penggunaan Bahasa Sunda saat bertransaksi akan mengakrabkan percakapan. Belajar angka dalam Bahasa Sunda tentu juga membantu saat tawar-menawar. Kosakata yang mungkin akan berguna saat bertransaksi di antaranya: “Sabaraha-an” (Berapa), “Angsulan” (Kembalian), “Meser” (Beli).

3. Belanja dalam Jumlah Besar di Pasar

Oleh-oleh memang sangat lekat dengan wisata. Kalau berbelanja pakaian memang enaknya di factory outlet karena modelnya tak pasaran. Namun, Bandung juga memiliki alternatif tempat belanja grosir, yaitu Pasar Baru dan ITC Kebon Kelapa. Semakin banyak jumlah yang dibeli, semakin jatuh harganya. Di pasar ini, barangnya sangat bervariasi mulai dari pakaian, perhiasan, sepatu, hingga makanan khas Bandung. Syaratnya, harus berani menawar.

4. Cari Kuliner Porsi Besar atau All-You-Can-Eat

Tak lengkap ke Bandung tanpa wisata kuliner. Meskipun banyak tempat yang sudah populer di kalangan wisatawan, coba sesekali makan di tempat yang belum terkenal karena harganya relatif lebih murah. Cari tempat yang tidak buka cabang di kota lain dan porsinya besar.

Untuk memastikan rasanya tidak zonk, Anda bisa lebih dulu mencari tahu review tempat makan tersebut via Google dan Instagram. Mencicipi kuliner baru tentu akan menambah wawasan kuliner Anda di Kota Bandung.

Saat ini, bukan hanya restoran Jepang yang menawarkan porsi makan All-You-Can-Eat. Di Bandung sudah bermunculan restoran dengan menu tradisional yang menawarkan paket tersebut dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Kunjungi Tempat Wisata Gratis di Bandung

Siapa bilang Bandung tak punya wisata gratis? Banyak! Pertama, Anda bisa mengunjungi taman-taman kota yang atraktif. Sebut saja Taman Film, Taman Sejarah, Taman Vanda, Taman Badak (Dewi Sartika), Hutan Kota Babakan Siliwangi, Taman Superhero, dan Pet Park. Baru-baru ini Bandung Planning Gallery, Cibunut Fest, dan Museum Gedung Sate sudah bisa dikunjungi masyarakat tanpa biaya.

Kedua, Anda bisa menikmati Bandung dengan biaya tak lebih dari Rp20 ribu. Misalnya, city tour menggunakan “Bus Bandros,” meminjam sepeda di titik-titik yang tersebar di Kota Bandung, ke Chinatown dan Taman Begonia Lembang (hari kerja).

6. Cari Hotel/Penginapan yang Murah tapi Nyaman

Nah, agar wisata di Kota Bandung lebih murah, booking hotelnya di Airy Rooms saja. Meski murah, setiap kamar dijamin dilengkapi AC, TV layar datar, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi dan shower air hangat, air minum dan WiFi gratis.



Jaringan hotel yang terbesar se-Indonesia ini menyediakan layanan pemesanan mudah melalui website dan aplikasi yang dapat diunduh untuk smartphone berbasis IOS maupun Android. Bayarnya juga gampang, tinggal transfer saja atau menggunakan kartu kredit. Hotel Murah di Bandung? Airy Rooms saja!


(ROS)