Riset: Wisatawan Indonesia Tergolong Spontan dalam Mempersiapkan Liburan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Oct 2017 08:17 WIB
wisata
Riset: Wisatawan Indonesia Tergolong Spontan dalam Mempersiapkan Liburan
Sebuah platform hotel online Agoda membuat sebuah riset yang menyimpulkan bahwa wisatawan Indonesia cenderung lebih spontan dalam merencanakan liburan. (Foto: Steven Lewis/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah platform hotel online Agoda membuat sebuah riset yang menyimpulkan bahwa wisatawan Indonesia cenderung lebih spontan dalam merencanakan liburan. Hal tersebut terlihat dari lead time yang cenderung sebentar.

Lead time adalah istilah untuk reservasi akomodasi lebih awal sebelum berlibur.

Riset yang menyasar kaum millennial dan dilakukan pada tahun 2016 tersebut menemukan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua tertinggi dalam hal kespontanan berwisata, dimana rata-rata memiliki lead time sebanyak 18 hari sebelum hari berlibur.



Millennials di Indonesia jelas merupakan generasi yang spesial. Mereka punya rasa percaya diri yang lebih dibanding generasi sebelumnya. Mereka menginginkan harga terbaik saat akan mereservasi," tukas Gede Gunawan, Country Director Agoda International Indonesia dalam sebuah pernyataan yang diterima Metrotvnews.com baru-baru ini.

(Baca juga: Dua Kriteria Pelabuhan yang Akan Dihampiri dalam Wisata Kapal Pesiar)

Berdasarkan peringkat dunia, Arab Saudi menduduki peringkat pertama dengan waktu persiapan rata-rata 16,7 hari dan Vietnam berada di belakang Indonesia, dengan rata-rata lead time 18,9 hari.

Sementara, tiga negara yang paling penuh persiapan dalam berlibur adalah Hong Kong (49,9 hari), Rusia (46,4 hari), dan Australia (44,3 hari).



Dari lingkup yang lebih kecil, yaitu Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat kelima dimana Singapura berada pada puncak tertinggi terkait persiapan berlibur, yaitu 33,1 hari.

Setelah Singapura, ada Thailand dengan lead time sebanyak 27,4 hari; Malaysia dengan waktu persiapan 24,4 hari; dan Vietnam yang memiliki lead time hampir sama dengan Indonesia yaitu 18,7 hari.










(TIN)