Hotel di Bali Ini Melarang Penggunaan Ponsel di Area Kolam Renang

A. Firdaus    •    Selasa, 25 Dec 2018 19:23 WIB
Wisata Bali
Hotel di Bali Ini Melarang Penggunaan Ponsel di Area Kolam Renang
Sebanyak 53 persen pelancong dari Amerika tidak pernah mematikan smartphone saat bepergian. (Foto Ilustrasi: Neko Tai/Unsplash.com)

Jimbaran: Beberapa hotel atau resort biasanya bergantung pada postingan media sosial untuk menggaet tamu. Tentunya demi memberikan kesan dan inspirasi agar tamu lain dapat mengunjungi hotel tersebut. Tapi tidak dengan Ayana Resort and Spa di Bali.

Pihak hotel melarang untuk para tamu mereka mengabadikan momen saat berada di pinggir kolam renang. Program ‘In the Moment’ yang mendorong pengunjung untuk mencabut kabel atau melarang ponsel pintar, dan perangkat elektronik lainnya digunakan di area kolam renang.

Program itu berlangsung dari jam 9 pagi hingga 5 sore setiap hari dalam seminggu. Para tamu tidak akan bisa membawa smartphone. Jika ada tamu yang tidak mau meninggalkan ponsel mereka di kamar tanpa pengawasan, maka mereka bisa menyimpannya di loker.

Larangan tersebut tidak hanya berlaku untuk telepon pintar. Melainkan juga perangkat elektronik lainnya, seperti iPad, kamera digital, Kindle, dan tablet.

Memang program ini tak lepas dari fenomena kecanduan smartphone ketika para pelancong bepergian. Pada 2018 saja, grup pemasaran OnePoll merilis data yang menunjukkan bahwa 53 persen pelancong dari Amerika tidak pernah mematikan smartphone saat bepergian. Fenomena ini disebut nomofobia.

Penggunaan ponsel sendiri di era digital kini menjadi kemudahan buat para penggunanya. Ada aplikasi penerjemah, mencari tempat atau petunjuk arah, dan mengonfirmasi pemesanan.

Sebanyak 20 persen responden mengatakan bahwa, mereka memeriksa ponsel setidaknya sekali dalam satu jam ketika bepergian. Sementara 14 persen mengaku melakukan pengecekan dua kali seama satu jam. (CNN Travel)

Journey to Ciletuh Geopark (1)



(FIR)