Olahraga Barongsai Ingin Mempersatukan Bangsa

Farhan Dwitama    •    Jumat, 14 Apr 2017 17:19 WIB
barongsai
Olahraga Barongsai Ingin Mempersatukan Bangsa
Olahraga Barongsai dijadikan sebuah pertandingan Barongsai yang bertujuan untuk menyatukan bangsa. (Foto: Ilustrasi. Dok. Youtube Lim Bui Sin)

Metrotvnews.com, Tangerang: Event Living World Allstar International Lion Dance Championship yang akan diselenggarakan pada 23-24 April mendatang. Olahraga ini dijadikan sebuah pertandingan Barongsai yang bertujuan untuk menyatukan bangsa. 

"Memang Barongsai ini berasal dari kesenian Tionghoa. Tapi bukan hanya dimainkan hanya dari satu suku, ras atau agama dan laki-laki saja, pada tim Barongsai ini kita menyatu semua," terang Sekjen Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Xaverius Djunair, dalam keterangan resminya dihadapan media, Selasa (11/4/2017) lalu di Living World Alam Sutera, Banten. 

(Baca juga: Makna di Balik Warna, Bentuk, dan Musik Barongsai)

Sebagai ajang pemersatu bangsa, pertandingan ini diadakan bukan hanya untuk mencari prestasi, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar pemain-pemain Barongsai.

"Dan untuk juri lokal dan internasional menilai kriteria dari bentuk Barongsai, kerjasama antar pemain, langkah kuda-kuda, musik, ekpresi dan juga tingkat kesulitan," ucap dia.

Selain itu, menurut Xaverius, kesenian Barongsai telah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional yang dinaungi oleh FOBI dan sudah ada di 20 provinsi, serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF).

"Anggotanya sudah mencapai 35 negara yang tersebar di seluruh dunia," cetusnya. Hingga saat ini FOBI-pun sudah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

”Team Barongsai yang akan mewakili Indonesia adalah Kong Ha Hong yang pernah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing, serta team FOBI Kaltara yang pernah menjadi juara 1 PON tahun 2016 yang lalu,” jelas Xaverius.






(TIN)