Eksplorasi Kepulauan Togean

M Studio    •    Rabu, 31 Aug 2016 12:07 WIB
berita kemenpar
Eksplorasi Kepulauan Togean
Eksplorasi hutan mangrove dapat Anda lakukan pada Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean (Foto:Antara/Fiqman Sunandar)

Metrotvnews.com, Togean: Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean 2016 menjadi ajang promosi wisata bahari di Sulawesi Tengah.

Melalui promosi wisata tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia semakin mengenal Togean dan keindahan alam bawah lautnya. Ratusan bahkan ribuan wisatawan mancanegara (wisman) dari 15 negara diprediksi akan menghadiri Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean 2016.

Kawasan dengan luas daerah 362.605 hektare, yang terdiri atas hutan dan perairan itu akan menjadi perhatian wisatawan asing dan nusantara. Dan bagi yang sudah ada di Togean, silakan berkunjung ke banyak destinasi wisata menakjubkan di sekitarnya.

"Ada banyak pilihan. Dari atas sampai bawah laut, semuanya indah. Yang datang ke Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean 2016, enggak akan rugi," ujar Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Sudarto.

Berbagai kegiatan menarik dan menyenangkan dapat Anda lakukan di Kepulauan Togean. Dari mulai memancing, berlayar, berenang dan tentu saja menyelam. Ada pulau-pulau kecil, juga pulau besar dengan hutan lebat yang menyimpan kekayaan flora dan fauna. Anda juga dapat mengunjungi salah satu rumah asli peninggalan suku Bajo yang ditinggalkan pemiliknya. "Uniknya rumah ini dibangun tanpa menggunakan paku satu pun," terang Sudarto.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Togean, Anda bisa berkunjung tempat-tempat yang menyajikan pemandangan alam yang memikat. Setidaknya ada 7 panorama eksotis yang bisa dinikmati saat berlibur di Togean.

1. Pulau Togean
Gugusan Bukitnya mengingatkan tentang Bukit Barisan Selatan di Sumatera, dengan bentuk horizontal. Bedanya, Bukit Togean membelah Teluk Tomini. Di sini ada sebuah desa bernama Desa Katupat yang memiliki pantai nan indah. Anda dapat menjajal trekking masuk ke hutannya.

2. Pulau Una-Una
Ada yang berbeda dari pulau ini, yaitu pasir sepanjang Pantai Togean di Una-Una warnanya hitam. Menurut sejarah, penyebabnya berasal dari Letusan Kolosal beberapa abad silam. Gunung Colo di Unauna sampai sekarang masih tercatat sebagai Gunung berapi tua yang masih aktif.

3. Pulau Kadidiri
Merupakan Pulau dengan Karang Barrier yang tajam. Pulau ini adalah tempat favorit wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling. Di sinilah surga kehidupan terumbu karang Togean.

4. Pulau Batudaka
Pulau ini merupakan pulau terbesar di sini. Letaknya paling mudah dicapai dari Kepulauan Togean. Anda dapat mengunjungi Desa Bomba untuk berenang, snorkeling  atau mengunjungi Goa Kelelawar. Di Desa Bomba, Anda bisa menyaksikan eksotisme kehidupan Suku Bajo yang dikenal sebagai manusia perahu.

5. Pulau Saronde
Pulau Saronde adalah lokasi wisata pantai dan laut terbaik. Pemandangannya seindah pantai Maldives. Bila Anda beruntung, Anda akan dapat menikmati sunset terindah di sini. Keindahan pulau Saronde sangat digemari oleh para pecinta fotografi untuk berburu foto. Jadi, sangat tepat untuk dimanfaatkan bagi foto pra pernikahan. Di pulau Saronde juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata pantai seperti katamaran, banana boat dan fun boat. Serta terdapat fasilitas untuk melihat kekayaan bawah laut dengan fasiltas snorkeling.

6. Dinding Taipi
Sekitar 4 km ke arah selatan Kadidiri, ada sebuah situs penyelaman berupa dinding karang vertikal yang memanjang dari utara ke selatan. Arus di sini sangat bersahabat bagi para penyelam, dengan variasi kedalaman 5-30 meter. Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa biota terumbu karang dan berbagai jenis koral dan tumbuhan karang berwarna-warni.

7. Pulau Enam
Anda akan menemukan sebuah tempat penyelaman berupa bangkai pesawat pembom B24 milik AS yang jatuh pada Mei 1945. Lokasinya sekitar 16 km dari Kadidiri pada kedalaman 14-22 km. Kondisi kapal termasuk dalam keadaan yang baik dan masih lengkap dengan senjata mesin di bagian belakangnya. Masih ada banyak lokasi lain, tetapi setidaknya 7 titik itu sudah memberi gambaran akan indahnya kawasan Danau Toba.


(ROS)