5 Tempat Wisata Bersejarah di Solo, Yuk ke Sana!

M Studio    •    Kamis, 19 Jul 2018 11:01 WIB
wisata jawa tengah
5 Tempat Wisata Bersejarah di Solo, Yuk ke Sana!
Monumen Pers Nasional (Foto:MI/Ferdinand)

Solo: Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sarat dengan peninggalan sejarah. Tak heran, banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk menikmati suasana yang kental dengan nuansa budaya dan sejarah. 

Nah, apa saja tempat wisata bersejarah yang masuk dalam daftar destinasi yang dapat Anda kunjungi di Solo? Berikut, lima di antaranya.

1. Monumen Pers Nasional
 
Salah satu gedung tertua di Solo adalah Monumen Pers Nasional. Monumen yang sekaligus berfungsi sebagai museum ini dibangun pada 1918. Di tempat ini radio publik yang dioperasikan pertama kali oleh orang Indonesia, dirintis. Organisasi jurnalis, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), juga pertama kali dibentuk di sana.

Saat ini, ada berbagai macam koleksi jurnalistik yang bisa dilihat di Museum Pers Nasional. Ada pula enam diorama yang menceritakan perjalanan sejarah pers di Indonesia, sejak zaman sebelum penjajahan.

2. Museum Keris

Keris adalah senjata khas dari daerah Jawa. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, keris memegang peranan cukup penting. Itulah salah satu alasan Anda bisa menjumpai sebuah museum yang berisi koleksi berbagai macam keris, bahkan sejak era Kerajaan Majapahit, di Solo.

Museum yang terletak di Jalan Bhayangkara, Sriwedari, ini diresmikan oleh pemerintah pada 2007. Di dalam gedung setinggi 4 lantai ini para pengunjung dapat menyaksikan langsung berbagai koleksi keris dari yang tertua hingga yang baru dibuat. 

3. Benteng Vastenburg

Jika di Yogyakarta ada Benteng Vredeburg, di Solo Anda bisa menjumpai Benteng Vastenburg. Ini adalah salah satu destinasi sejarah di Solo yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti halnya arsitektur bangunan dari Eropa, benteng ini juga menampakkan kemegahan. Keunikannya terletak pada empat sudut yang tampak seperti kerucut jika dilihat dari atas.

Meskipun telah berdiri sejak 1745, benteng ini masih terlihat kokoh. Keberadaannya bisa dilihat hingga kini. Hal ini tidak terlepas dari adanya proyek pemugaran yang dilakukan pada benteng seluas 40 ribu meter persegi ini. 

4. Museum Keraton Solo

Objek wisata sejarah yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Solo adalah Museum Keraton Solo. Di dalam gedung yang dibangun pada 1743 ini, tersimpan barang-barang peninggalan keluarga kerajaan, seperti alat musik dan alat makan.

Ada 13 ruangan dalam museum yang dibangun bersamaan dengan Keraton Solo. Nah, untuk menghargai sejarah, seni, dan tradisi masyarakat Solo di tempat ini, para pengunjung diharuskan mengenakan pakaian yang sopan. Hindari menggunakan celana pendek atau sandal jepit.

5. Taman Sriwedari
 

(Foto:MI/Ferdinand)

Objek wisata sejarah lain yang juga populer menjadi tujuan wisata masyarakat lokal di Solo adalah Taman Sriwedari. Taman ini awalnya bernama Bon Rojo atau Kebon Rojo, dan dibangun oleh Raja Keraton Kasunanan Surakarta, yakni Paku Buwana X. Saat ini, Taman Sriwedari dibuka untuk umum dan sering digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan acara-acara hiburan, termasuk pertunjukan wayang pada malam hari.

Nah, itulah lima tempat wisata di Solo yang kental dengan nuansa sejarahnya. Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat ini dan berencana untuk menginap di salah satu hotel murah di Solo selama satu dua hari, Anda bisa memesan kamar penginapan di Airy Rooms. 

Selain murah, kamar hotel di jaringan hotel terbesar di Indonesia ini menawarkan 7 jaminan fasilitas, yaitu TV, WiFi, AC, air minum gratis, kamar tidur bersih, shower air hangat, dan perlengkapan mandi. Lengkap sekali, bukan? Selamat berlibur ke Solo.


(ROS)