Tiga Makanan Penanda Jejak Kejayaan Rempah Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 May 2018 16:18 WIB
kuliner
Tiga Makanan Penanda Jejak Kejayaan Rempah Indonesia
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Salah satu hal yang terkenal dari kuliner Indonesia adalah rempah yang beragam. Bahkan, rempah bisa dibilang sebagai jejak kejayaan nusantara, baik zaman dulu hingga sekarang.

"Indonesia menjadi jalur rempah di abad 14, karena merupakan melting pot bagi negara-negara yang berdagang. Dan ini memberi pengaruh (pada kuliner lokal)," jelas Kafi Kurnia selaku Managing Director dari Peka Consult, Inc dalam temu media di Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018.

Ia menjelaskan, terdapat tiga jenis makanan yang menunjukkan jejak kejayaan rempah di Indonesia. Pertama, kecap. Saus berwarna hitam yang diperkirakan oleh antropolog ditemukan pada abad kedua masehi tersebut sangat berkembang di Indonesia hingga saat ini.

"Belum jelas kapan kecap masuk ke Indonesia, tapi perkembangan kecap berbarengan dengan bertambahnya variasi rempah dan menjadi legendaris."

Kedua, sambal. Berbagai jenis rempah yang dicampurkan dengan berbagai jenis cabai membuat Indonesia semakin kaya akan pelengkap kuliner.

"Indonesia adalah satu-satunya negara dengan variasi sambal yang sangat banyak, sejak ditemukan pada abad 10," tambahnya.

Terakhir, makanan yang menjadi legenda bagi jejak kejayaan kuliner adalah kerupuk. Makanan ringan garing ini biasanya tak pernah absen dalam makan besar masyarakat Indonesia.

"Indonesia memiliki berbagai macam kerupuk, mulai dari kerupuk kulit hingga dibentuk bersama aci. Ketiga makanan ini melekat dengan kuliner Indonesia," tutupnya. 

Lihat video:




(DEV)