Sepuluh Negara Ini Tak Aman untuk Wanita yang Ingin Solo Traveling

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Jun 2018 14:39 WIB
tips bepergian
Sepuluh Negara Ini Tak Aman untuk Wanita yang Ingin Solo Traveling
(Foto: Bussiness Insider

Jakarta: Sebuah jajak pendapat menyebutkan bahwa India adalah negara paling tak aman untuk wanita. Thomson Reuters Foundation melakukan jajak pendapat pada 548 ahli global terkait permasalah wanita. Para wanita pun diimbau untuk tidak traveling sendirian ke negara ini.

Laporan yang rilis pada hari Selasa tersebut menyebutkan bahwa kekerasan seksual terhadap wanita semakin meningkat, termasuk perdagangan manusia untuk pekerjaan rumah tangga, perkawinan paksa, kerja paksa, dan lain-lain.

"Jajak pendapat ini merupakan pengulangan dari survei pada tahun 2011 dimana para ahli melihat Afghanistan, Republik Demokratik Kongo, Pakistan, India, dan Somalia sebagai negara paling berbahaya bagi wanita," lapor Thomson Reuters Foundation.

Kabarnya, India adalah yang paling berbahaya di dunia karena tradisi budayanya yang berdampak negatif pada perempuan. Dikatakan demikian dengan mengutip kasus-kasus kekerasan fisik dalam rumah tangga, pernikahan anak, dan sebagainya.

Kejahatan terhadap perempuan di India melonjak lebih dari 80 persen antara 2007 dan 2016, menurut data pemerintah.

"Hampir 40.000 perkosaan dilaporkan pada tahun 2016, meskipun fokus yang lebih besar pada keselamatan wanita setelah pemerkosaan geng seorang siswa di New Delhi pada tahun 2012 yang memicu protes di seluruh negara dan menyebabkan undang-undang yang lebih ketat terhadap pelecehan seksual," demikian laporan yayasan tersebut.

Sampai sekarang, Kementerian Wanita dan Perkembangan Anak India telah menolak untuk mengomentari hasil survei.

Berikut adalah daftar 10 negara berbahaya teratas untuk wanita.

1. India
2. Afganistan
3. Syria
4. Somalia
5. Arab Saudi
6. Pakistan
7. Republik Demokratik Kongo
8. Yaman
9. Nigeria
10. Amerika Serikat




(DEV)