Menapak Jejak di Bumi Sriwijaya

Gervin Nathaniel Purba    •    Minggu, 19 Aug 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Menapak Jejak di Bumi Sriwijaya
Rumah Limas (Foto:Gosumatra.com)

Jakarta: Kota Palembang menjadi sorotan karena menjadi salah satu kota diselenggarakannya Asian Games 2018. Palembang memiliki banyak ciri khas yang membuatnya layak dijadikan destinasi wisata.

Salah satu yang menjadi ciri khas Kota Pempek adalah rumah limas. Rumah tradisional ini menjadi lambang gambar pada uang Rp10 ribu.

Rumah Limas masih terlihat di beberapa daerah yang menjadi rumah pribadi masyarakat Palembang. Hanya saja, rumah Limas yang masih digunakan warga sudah dimodifikasi secara struktural, meski bahan dasarnya masih sama.

Rumah tradisional Palembang ini memiliki struktural dan makna di setiap sudut ruangan. Rumah Limas yang asli dilestarikan di Museum Balaputra Dewa. 

Di museum ini pula menjadi wisata budaya di Kota Palembang, yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara. Rumah berbentuk rumah panggung ini memiliki bentuk dan makna yang berbeda.

Konon, Rumah Limas dengan ornamen mewah itu menunjukkan seorang bangsawan. Berbagai ornamen yang dipajang di Rumah Limas ini pun menunjukkan tingkat materi yang dimiliki.

Rumah Limas sering diadakan pertunjukkan tarian-tarian tradisional Palembang, salah satunya Tarian Tanggai. Tidak hanya di Rumah Limas, tarian itu diselenggarakan pada berbagai kegiatan besar.

Makna dari Tarian Tanggai adalah sebagai upacara penyambutan peserta dan atau upacara pembukaan event tersebut, seperti pembukaan Asian Games.

Rencana ini direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan agar seluruh masyarakat yang hadir mengetahui bahwa ritual penyambutan event internasional kental akan budaya Palembangnya.

Dari sisi kuliner, ke Palembang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi pempek. Di Palembang juga ada mie celor yang rasanya tidak kalah enak dari pempek.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunikan Palembang, saksikan selengkapnya pada program IDEnesia, Minggu, pukul 21.30 WIB, hanya di Metro TV.


(ROS)