Ayo, Vote Indonesia Menjadi Top Dive Destination 2017

M Studio    •    Jumat, 30 Sep 2016 14:42 WIB
berita kemenpar
Ayo, Vote Indonesia Menjadi Top Dive Destination 2017
(Foto:Instagram @kemenpar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Patenkan Indonesia sebagai destinasi underwater terbaik di dunia, karena faktanya bawah laut Indonesia diciptakan Tuhan untuk juara dunia.

Kalau pun banyak media yang belum menempatkan di urutan nomor wahid, hampir dipastikan karena belum tahu. Kini saatnya untuk memberitahu kepada dunia, bahwa alam bawah laut kita yang paling fantastis.

Saluran televisi internasional, CNN Travel 2015 menempatkan Raja Ampat dan Labuan Bajo sebagai dua snorkel site terhebat nomor satu dan dua di dunia 2015. Kini, ada DiveMagazine, majalah terbitan Inggris yang sedang pemungutan suara via online, untuk memilih destinasi selam terbaik di dunia. “Yuk, kita serbu! Kita menangkan vote via digital tersebut,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Bali.

Caranya mudah, klik di site ini: http://divemagazine.co.uk/go/7467-vote-for-top-dive-destinations-2017

Landing page-nya di-scroll ke bawah, ada kotak orange dengan judul “Best place in the world to dive.” Centang saja Indonesia di pojok kiri atas. Sampai dengan 29 September 2016 pukul 16.30 Indonesia masih merajai dengan 6.160 voters, disusul Filipina 1.854, lalu Maldives 1.453, Laut Merah 1.240, Australia 1.182, Thailand 1.128, dan lainnya lebih kecil semua. Total 18 negara yang dimasukkan dalam list peserta.

Website www.divemagazine.co.uk itu cukup rajin meng-up load berita. Sejam sebelumnya menggunakan judul “Indonesia Memimpin Perolehan Suara Destinasi Selam Terbaik Dunia.” Lalu, membuat news lagi yang temanya pas dengan pemilihan itu. Kini mengangkat artikel pilihan lokasi diving di Raja Ampat, Alor, dan Labuan Bajo. Di bagian paling bawah dari berita itu juga memasang Lembongan Bali dan Lembeh Sulut.

Kesempatan voting masih dilayani hingga 31 Desember 2016. “Yuk, bantu vote. Indonesia memiliki 55 destinasi diving dan lebih dari 1.500 dive spots tersebar dari Aceh sampai Papua dan jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan semua negara di dunia. Apalagi Malaysia, Filipina, dan Thailand,” ajak tenaga Ahli Underwater Tourism Kemenpar, Cipto Aji Gunawan.

Lima diving spot Indonesia dalam satu minggu terakhir ramai digunjingkan netizen di dunia maya. Dari mulai Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali hingga Lembeh Sulawesi. Namanya sontak berkibar lantaran masuk nominasi top diving destinations 2017 yang digelar DiveMagazine, sebuah majalah menyelam terkemuka di dunia yang menjadi panduan menyelam di 165 negara.

Hingga Kamis (29/9), sore, sudah puluhan ribu voter yang memilih spot-spot menyelam terbaik di dunia. Dari mulai Filipina, Palau,Meksiko, Galapagos, Maldives, Papua Nugini, Kuba, Bahama, Thailand, Australia, Turki, Islandia, Malta, Malaysia, hingga Indonesia, semuanya ada dalam radar nominasi spot menyelam terbaik dunia.

Semuanya dinilai eksotis. Semuanya dinilai wow. Tapi, hanya hanya Indonesia yang terlihat seksi. Indonesia paling banyak meloloskan nominator destinasi spot menyelam terbaik. Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali hingga Lembeh Sulawesi, masuk dalam radar pantauan tim DiveMagazine. Underwater

tourism di spot-spot tadi dianggap keren. Panoramanya dianggap world class. Bagi yang minat diving, disarankan untuk tidak mengalihkan pandangan ke lima spot terbaik tadi. Di sanalah surga wisata diving dunia. Lima destinasi spot diving tadi, dijamin bisa membuat setiap orang ketagihan dan ogah pulang.

Gambaran kasarnya sudah bisa disimak dari hasil voting sementara. Dari beragam spot menyelam terbaik dunia, diving spot Indonesia ada di urutan nomor satu. Sudah ada 11.258 voter yang memilih Indonesia sebagai diving spot terbaik dunia. “Sejauh ini Indonesia ada di urutan pertama dengan 11.528 voter,” tulis redaksi DiveMagazine.

Pilihan pembaca DiveMagazine tadi sejatinya tidak terlalu mengejutkan. Semua yang diinginkan dari pengalaman diving terbaik ada di Indonesia. Indonesia punya coral terhebat, terlengkap, terbaik di dunia. Pantai terpanjang di dunia nomor dua. Dan CNN, pernah menganugerahkan gelar The best snorkel site untuk Raja Ampat. Runner upnya Labuan Bajo. Dan peringkat tiganya Kepulauan Galapagos di lautan Pasifik Ekuador.

Untuk 2017, lagi-lagi Raja Ampat di Papua masuk radar. Raja Ampat telah menjadi pusat perhatian dunia ketika berbicara mengenai keindahan bawah laut dengan segudang kekayaan biota di dalamnya. Sebut saja spesies ikan yang mencapai lebih dari 1300 termasuk manta ray, whale shark, dan orca yang terlihat melewati kepulauan ini. Ada juga spesies moluska yang berjumlah 700-an, dan belum lagi sekitar 75% jenis coral di dunia ada di sini. Bagi peneliti, fotografer underwater, diver, hingga snorkeler, ini adalah surga, Banyak kesan indah yang bisa dibawa pulang setelah menyelam di Raja Ampat.

Taman Nasional Komodo punya cerita lain lagi. Pemandangan bawah lautnya disebut-sebut terdahsyat di planet bumi. Bagi para pecinta underwater photography, menyelam di Komodo adalah arena sempurna untuk mendapatkan hasil-hasil foto fantastis. Bayangkan, ada sekitar 40 titik penyelaman yang masing-masing menyimpan pesona tersendiri. Mulai dari kawasan Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca. Begitu juga Alor NTT, Lembongan Bali serta Lembeh Sulawesi. Semua menyimpan panorama keren.

Nah, bagi Anda yang belum memberikan vote, ayo berikan suaramu untuk Indonesia!


(ROS)