Tips dan Trik Membuat Mashed Potato

Raka Lestari    •    Jumat, 20 Oct 2017 07:28 WIB
kulinertips & trik
Tips dan Trik Membuat Mashed Potato
Bagi Anda yang sering mencoba untuk membuat mashed potato, berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membuat mashed potato. (Foto: Constance Chen/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mashed potato merupakan makanan yang biasa mendampingi aneka lauk. Meskipun terlihat mudah, namun sebenarnya membuat mashed potato ini juga tidak bisa dibilang semudah itu, terutama jika Anda menginginkan hasil yang sempurna. 

Bagi Anda yang sering mencoba untuk membuat mashed potato, berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membuat mashed potato

1. Gunakan kentang yang tepat 
Untuk mendapatkan mashed potato yang creamy dan lembut gunakan kentang yang tinggi kandungan pati. Kentang jenis Russets yang berkulit tebal dapat menyerap bumbu, mentega, dan krim lebih baik daripada kentang lainnya. Yukon Golds juga merupakan pilihan yang baik untuk mashed potato. 

(Baca juga: Tips Memasak Kentang Goreng yang Renyah)



2. Mulai dengan air dingin 
Untuk memasak, masukkan kentang ke dalam panci besar, tutupi dengan air dingin sampai sekitar satu inci di atas kentang, letakkan panci ke kompor dan mulailah memasak. Saat air sudah mendidih, kurangi suhu perlahan-lahan yang memungkinkan kentang bisa masak secara merata dan tidak hancur. Jangan langsung memasukkan kentang ke dalam air yang sudah mendidih karena ini dapat membuat kentang matang tidak rata. 

3. Beri bumbu pada air
Kentang menyerap air yang dimasak, jadi teruskan dan tambahkan garam ke air sebelum Anda memasak kentang, agar rasa kentang tidak hambar. 

4. Tiriskan dan keringkan 
Setelah kentang dimasak, tiriskan di atas saringan dan kembalikan kentang ke panci hangat dengan api kecil. Istirahatkan sekitar 5 menit dan kemudian aduk-aduk kentang secara perlahan dan pastikan tidak menempel di bagian bawah panci.











(TIN)