Berlibur ke Thailand dan Rayakan Songkran Bersama Airbnb

Yatin Suleha    •    Senin, 26 Mar 2018 18:24 WIB
wisatathailand
Berlibur ke Thailand dan Rayakan Songkran Bersama Airbnb
Lakukan sesuatu yang berkesan saat perayaan Songkran melalui pemesanan Pengalaman Sosial Berdampak di Thailand. (Foto: Evan Krause/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda sedang berencana liburan di Asia Tenggara, tak ada salahnya untuk melihat-lihat Negeri Gajah Putih alias Thailand. Bagi Anda yang punya rencana untuk mengunjungi Thailand dalam waktu dekat ini, Airbnb mempunyai informasi menjelang perayaan Songkran di bulan April nanti. 

Airbnb meluncurkan pengalaman Airbnb (19 Maret - 15 April) khusus Songkran untuk mengajak masyarakat Indonesia menikmati keajaiban dan tradisi yang diadakan setiap tahunnya di Thailand tersebut dengan cara yang unik dari sudut pandang warga lokal.

Dengan perkiraan kedatangan tamu yang meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu, perayaan Songkran semakin menarik perhatian dunia.  

Airbnb sendiri adalah komunitas perjalanan global yang menawarkan perjalanan end-to-end yang luar biasa, termasuk tempat tinggal Anda, apa yang Anda dapat lakukan dan siapa saja yang dapat Anda temui.

Airbnb didirikan pada tahun 2008 memanfaatkan teknologi secara unik untuk memberdayakan jutaan orang di seluruh dunia secara global untuk membuka dan menghasilkan uang dari ruang kosong di rumah mereka, hasrat, dan talenta mereka untuk dapat menjadi pengusaha di bidang pariwisata. 


(Festival Songkran adalah perayaan besar di Thailand. Peduduk lokal menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada para leluhur dan mengunjungi kuil untuk berdoa dan mengirim persembahan. Foto: Rafa Prada/Unsplash.com)

Mengenal Festival Songkran
Festival Songkran adalah perayaan besar di Thailand. Peduduk lokal menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada para leluhur dan mengunjungi kuil untuk berdoa dan mengirim persembahan, termasuk menuang air ke patung Buddha dengan mengharap keberuntungan dan kesejahteraan di sepanjang tahun mendatang.

Sepanjang bulan ini, komunitas lokal di Airbnb ingin memperkenalkan keajaiban dan tradisi di balik salah satu perayaan paling megah dan meriah dengan meluncurkan “Pengalaman Airbnb Spesial Perayaan Songkran”. 

Penduduk lokal dan wisatawan dapat terhubung dan mengikuti aktivitas bersama yang bernuansa perayaan Songkran.

Para wisatawan kini dapat berpartisipasi dengan memesan Pengalaman Airbnb yang bukan hanya khas Thailand, namun juga dapat belajar dari tuan rumah Pengalaman Airbnb tentang suasana Thailand selama perayaan Songkran dan mengikuti ritual tradisional bersama mereka.

Untuk warga Thailand, jika Anda memiliki minat untuk menjadi penyelenggara dan berbagi pengetahuan dan rasa cinta akan Thailand, Anda bisa menjadi Tuan Rumah Pengalaman Airbnb.

“Kami menyaksikan bahwa wisatawan kembali ke Bangkok setiap tahun untuk mencari petualangan alternatif selama perayaan Songkran, sendirian atau bersama teman dan keluarga. Selain menginap di pilihan akomodasi yang unik, wisatawan juga ingin menikmati kota dari sudut pandang warga lokal," ujar Sriram Vaidhya, Head of Trips untuk Asia Tenggara dan India, Airbnb.

"Pengalaman Airbnb adalah cara hebat untuk membuka lebar peluang ekonomi bagi warga setempat, dan telah menjadi platform yang mampu menghasilkan pendapatan tambahan dari minat dan bakat para tuan rumah yang menyelenggarakan pengalaman. Aset terbesar kita adalah waktu dan potensi, dan pengalaman Airbnb adalah kunci untuk mengaksesnya," tambah Sriram.

(Baca juga: Sunflower Festival, Destinasi Wajib saat Melancong ke Thailand)

Pad Thai Delight
Pahami makna indah di balik Songkran bersama Tatiya yang akan memperkenalkan tradisi budaya tradisional, antara lain menuangkan air mawar ke patung Buddha, menyampaikan terima kasih pada para leluhur, dan memaka Din-So-Pong (tabir surya tradisional dari lumpur), untaian bunga, dan kain tradisional Thailand.

Ada juga taditional Thai dance yang memberikan pengalaman tradisional Songkran dengan memakai kostum Thai tradisional dan mempelajari lagu dan tarian khas Thai di sepanjang perayaan Songkran (bersama tuan rumah lokal yang sudah menari sejak berusia 3 tahun).

Authentic Northern Thai Cook Off
Lakukan sesuatu yang berkesan saat perayaan Songkran melalui pemesanan Pengalaman Sosial Berdampak, ketahui lebih lanjut tentang perayaan Songkran di luar pusat kota bersama Dwight dan Panish yang memperkenalkan bagaimana warga lokal di pedesaan berkumpul dan menikmati kuliner tradisional khas Thailand bagian Timur Laut (kelezatan kuliner rahasia yang tidak ditemui di kelas memasak Thai pada umumnya).

Ada pula real Thai traditional Songkran ceremony dengan Sak Yant master.

Mendengar langsung dari Petz dan Arjan tentang merayakan Tahun Baru dengan Rot Nam Dam Hua, cara tradisional untuk merayakan Songkran bersama para leluhur Thai di Samnak.


Thai Fruit Carving
Koki penemu sekaligus eksekutif Farm 22, restoran satu-meja, di atas meja akan menunjukkan jantung dari Bangkok dan membantu Anda menguasai seni ukiran buah Thailand saat Anda belajar lebih banyak tentang cara memanfaatkannya selama Songkran. 

"Kami akan memercikkan air ke gambar Buddha (adalah isyarat penyembahan selama festival Songkran tahunan) dan belajar tentang pentingnya menghias buah bersama dengan semangkuk ember air yang dapat Anda taburkan air ke gambar. Saya akan menjelaskan alasan mereka melakukan hal ini termasuk sejarah Songkran.”

Sejak diluncurkan satu tahun lalu, Pengalaman Airbnb telah membuka jalan bagi wisatawan untuk mempelajari keterampilan baru dan mengikuti petualangan baru bersama para pakar lokal yang memiliki hobi dan minat yang serupa. 

Kali ini, tamu dapat memahami dengan lebih baik sebuah budaya dan tradisi festival yang dirayakan oleh segenap masyarakat Thailand. Saat ini ada 5000 pengalaman di 60 destinasi di seluruh dunia, dengan target 1000 kota pada akhir 2018. 

Bangkok adalah salah satu kota pengalaman utama di Asia Pasifik, dan pengalaman bertema Songkran ini akan menarik perhatian lebih banyak lagi wisatawan ke Negeri Gajah Putih ini.
 






(TIN)