4 Pantai dengan Ombak Terbaik untuk Surfing Menantang di Mataram

M Studio    •    Jumat, 20 Jul 2018 07:00 WIB
Wisata Lombok
4 Pantai dengan Ombak Terbaik untuk Surfing Menantang di Mataram
Sejumlah wisatawan bermain selancar di pantai Gerupuk, Lombok Tengah. (Foto: ANT/ Ahmad Subaidi)

Jakarta: Mataram merupakan Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di Pulau Lombok. Kamu pun tentu sudah sangat paham dong, bahwa pulau ini punya potensi wisata alam yang sangat mengesankan, terutama pantainya?
 
Karena itu, saat berkunjung ke Mataram, sangat sayang jika melewatkan berkunjung ke pantai-pantai terbaiknya. Terutama untuk kamu yang ingin melakukan surfing, ada beberapa pantai yang sangat cocok. Tidak hanya lokal, pengunjung di pantai-pantai ini pun juga banyak yang berasal dari mancanegara. Melihat ombaknya yang memang sangat cantik, wajar jika banyak orang yang rela terbang jauh-jauh ke Mataram untuk menjajal kemampuan berselancar di sini.

Lantas, kira-kira pantai apa saja yang oke untuk surfing di Mataram, ya?

Pantai Senggigi

Tempat wisata di Mataram Lombok ini sangat cantik dan pantas membuatnya sebagai wajah Pulau Lombok. Hamparan pasirnya didominasi warna putih, meski ada pula gradasi dari pasir hitamnya. Airnya masih begitu bersih dan jernih, sehingga aktivitas snorkeling jadi sangat menyenangkan. Terutama bila dilihat dari atas, dari jalan yang berkelok-kelok, panorama Senggigi jadi semakin menawan.


Pesona Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Foto: MI/ Sumaryanto Bronto).

Namun, Senggigi tidak hanya bisa dinikmati dengan snorkeling atau bersantai saja. Kamu juga bisa menjajal aktivitas surfing di sini. Ombaknya sendiri tidak terlalu ganas, sehingga cocok jika kamu belum terlalu berpengalaman atau ingin belajar. Di sini, ada surfer profesional yang bisa memberikanmu kursus.

Pantai Gerupuk

Berbeda dengan sebelumnya, nama Pantai Gerupuk cenderung asing di telinga wisatawan awam. Namun di kalangan pencinta surfing asal Australia dan Jepang, Gerupuk jadi destinasi yang sangat menggiurkan untuk dikunjungi. Apa lagi alasannya kalau bukan ombak yang menantang.

Pantai perawan ini pun mempunyai lima spot surfing untuk beberapa tingkat, mulai dari beginner hingga advance, yakni Batu Lawang, Terasaq, Giligoleng, Batu Teong, dan Prigi. Untuk mendapatkan momen terbaik ini, peselancar mulai bermain antara tengah hingga sore hari. Lebih spesifiknya, jika surfer Jepang memilih Oktober dan November untuk waktu berkunjung terbaik, surfer Eropa lebih banyak memilih di bulan musim panas: Juni, Juli, dan Agustus.

Pantai Selong Belanak

Ombak di Pantai Selong Belanak besar. Tidak heran, jika berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak wisatawan bertelanjang dada yang tengah beraksi di atas papan selancar. Meski tak semua mahir dan dapat bertahan mengendalikan papan yang berpacu dengan gulungan air, ekspresi bahagia dan puas terpancar dari wajah mereka.


Seorang wisatawan mancanegara membawa papan selacar di pinggiran pantai Selong Belanak. (Foto: ANT/ Eka Fitriani).

Selain ombak yang pas untuk surfing, Pantai Selong Belanak juga mempunyai pemandangan yang cantik. Garis pantainya yang panjang ditemani permadani pasir putih. Perbukitan hijau juga tampak di sisi kanan dan kiri pantai. Selain berselancar, kamu juga bisa berenang atau duduk bersantai di atas kursi-kursi panjang di bibir pantai yang disewakan.

Pantai Bangko-Bangko

Lokasi Bangko-Bangko memang cukup jauh dari pusat Kota Mataram, sekitar dua jam perjalanan. Walau begitu, pantai ini jadi tujuan favorit para peselancar dunia. Alasannya? Panjang ombaknya bahkan mencapai 300 meter dengan ikatan yang sulit dipecah dan dipisah! Sangat menantang, bukan?

Keganasan ombak ini semakin menarik bagi para peselancar pro untuk melakukan manuver terbaik mereka. Bahkan karena hal tersebut, pantai yang juga mendapat julukan sebagai Desert Point ini berhasil menduduki peringkat keenam dunia untuk kategori ombak pantai terbaik, lho!

Seru, kan? Maka dari itu, kalau kamu berencana untuk berkunjung ke Mataram untuk berselancar, pastikan empat pantai ini ada di dalam bucket list, ya!

Tidak lupa, kamu juga bisa mencari hotel murah di Mataram yang terbaik di Airy Rooms. Beragam pilihan hotel dengan tujuh kenyamanan fasilitas di setiap kamarnya kini bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah dan cepat melalui aplikasinya. Lokasinya pun berada di titik-titik strategis yang akan membuatmu lebih mudah jika ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus.



(ROS)