Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Salad

Raka Lestari    •    Selasa, 07 Aug 2018 13:02 WIB
tips & trik
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Salad
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dalam membuat salad. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Salad sudah merupakan salah satu makanan sehat yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Anda bisa membuat salad dengan mencampurkan berbagai macam sayuran, buah-buahan, atau berbagai macam jenis makanan lainnya sesuai dengan selera Anda. 

Namun yang perlu diperhatikan ketika membuat salad salah satunya adalah pemilihan salad dressing, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan Anda tetap ideal. 

"Dressing pada salad itu hadir untuk melengkapi rasa. Semua dressing itu ada nutrisinya, tapi kalau kita ingin mengurangi kalori atau lemak mungkin bisa menghindari thousand island atau mayonnaise," ujar Adhi Putra Tawakal, Marketing Manager SaladStop! Indonesia, pada acara peluncuran kreasi 'Almond Garden' di Kawasan Senayan, Senin 6 Agustus 2018 lalu. 

"Tetapi kan kadang-kadang ada beberapa salad yang cocoknya menggunakan thousand island atau mayonaise. Jadi semua kembali lagi tergantung pada racikan salad dan juga sesuai selera masing-masing," 

(Baca juga: Beberapa Kesalahan Membuat Salad yang Sering Dilakukan)

Dalam memilih bahan makanan untuk membuat salad sendiri, usahakan agar memilih bahan-bahan yang segar supaya manfaat dari salad tersebut bisa lebih optimal diserap oleh tubuh Anda. 


(Pemilihan salad dressing, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan Anda tetap ideal perlu diperhatikan. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Meskipun salad merupakan salah satu makanan yang sehat, namun sebenarnya tidak ada jaminan bahwa dengan mengonsumsi salad akan bisa menurunkan berat badan Anda. 

Selain sayur-sayuran dan buah-buahan, salah satu bahan makanan yang sering ditambahkan adalah sumber protein lainnya seperti berbagai macam jenis daging. Namun sebenarnya, tidak hanya berbagai macam daging yang bisa digunakan sebagai sumber protein tetapi juga bisa menggunakan protein nabati.

"Menggunakan daging-dagingan dianggap lebih bagus mungkin karena kandungan nutrisinya yang lebih seimbang, karena bagaimanapuan tubuh kita membutuhkan protein," tambah Adhi.

"Tetapi kan protein bisa berasal dari protein hewani dan protein nabati. Protein hewani jelas yang didapatkan dari hewan, misalnya dari smoked salmon, roasted chicken, dan berbagai jenis lainnya."

"Tetapi bagi orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi daging misalnya karena mereka vegetarian atau vegan, tetap bisa mendapatkan kandungan proteinnya dari berbagai kacang-kacangan seperti almond, sehingga untuk mendapatkan nutrisi yang cukup pada salad tidak harus selalu berasal dari daging-dagingan," tutup Adhi. 





(TIN)