Tips Memasak Kerang yang Benar

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Aug 2018 08:00 WIB
tips memasak
Tips Memasak Kerang yang Benar
(Foto: Cooking Light)

Jakarta: Kerang merupakan makanan yang kaya akan kandungan omega-3 dan vitamin B12. Selain itu, kerang juga cukup mudah didapatkan dan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga Anda pun bisa memasaknya sendiri di rumah.

Namun, ketika memasak kerang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat dari kerang bisa optimal bagi tubuh. 

Dikutip dari Today, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memasak kerang di rumah.

Penyimpanan

Ketika Anda membeli kerang dari pasar atau supermarket, pastikan untuk memilih kerang yang masih memiliki cangkang yang tertutup rapat. Kerang juga harus disimpan dalam tempat yang dingin. Cobalah untuk meminta kantung es ketika Anda membeli kerang di pasar atau supermarket. Dan, ketika sudah sampai di rumah, tempatkan mereka di dalam mangkuk yang tertutup oleh kantung es atau tutup mangkuk dengan handuk atau kain basah. Usahakan juga, Anda tidak menyimpannya selama berhari-hari. 

Pembersihan 

Untuk kerang yang dibudidayakan oleh pertanian biasanya hanya perlu dibilas sebentar di bawah air mengalir, dan bisa menggunakan kain untuk menggosok cangkangnya sebelum Anda memasak. Namun untuk kerang yang diambil dari alam liar, Anda perlu membersihkannya lebih keras karena mungkin saja ada beberapa kotoran yang masih tersisa atau menempel pada kerang. 

Proses pemasakan 

Pertama-tama, pastikan Anda tidak memasak kerang dengan cangkang terbuka atau retak, usahakan agar memilih kerang yang masih hidup. Jika mereka terbuka, pastikan mereka bisa menutup cangkangnya sendiri secara alami. Dan ketika sampai pada proses pemasakan, sebisa mungkin gunakan penjepit untuk mengangkat kerang. Anda bisa menambahkannya dengan bawang putih, peterseli, atau anggur putih, namun perlu diperhatikan agar Anda memasaknya tidak terlalu lama karena bisa merusak rasa alami yang terdapat pada kerang itu sendiri. 

 


(DEV)