Membuat Garnish Minimalis ala Jepang

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 24 Feb 2018 19:20 WIB
kuliner asia
Membuat Garnish Minimalis ala Jepang
Membuat Garnish Minimalis ala Jepang (Foto: Medcom/Yanti)

Jakarta: Hiasan makanan atau garnish adalah salah satu hal yang tak boleh disepelekan.

Menurut chef Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Hori Ikuo, garnish cukup krusial untuk beberapa jenis makanan, salah salah satunya sashimi. Makanan yang terbuat dari ikan tersebut biasanya ditemani lobak, wortel, daun oba, dan wasabi dalam proses penyantapan.

"Garnish berfungsi untuk menghilangkan amis ikan dan membuat mulut lebih segar saat makan ikan," ujarnya saat demo masak di acara dalam acara Pengenalan Kuliner Jepang ke-2.

Pada kesempatan teeawbut, chef Hori mendemokan cara membuat garnish lurus dan spiral. Untuk garnish lurus, ia menggunakan lobak.

Pertama, ia memengupas tak putus sayuran yang telah dibersihkan tersebut. Konsep yang mirip dengan mengupas kulit buah apel.

"Talenan, lobak, dan pisau harus sejajar. Kemudian, pergeseran pisau maju mundur," ujarnya.

Lobak diputar dengan tangan kiri sementara posisi jempol di atas pisau agar lapisan tidak terputus. Nantinya, balok akam terlihat seperti gulungan tisu saat sudah dikelupas sampai habis.

Setelah itu, potong kecil lapisan lobak dengan ukuran kecil sehingga akan berbentuk kurus panjang. Langkah terakhir, rendam dalam air sebentar sebelum menghiasan makanan utama.

Untuk garnish spiral, chef Hori menggunakan wortel. Karena memiliki serat berdiri, maka pemotongan tidak lurus, namun menyamping agar lebih mudah. Kemudian, masukkan ke dalam air sebentar sebelum digulungkan ke sumpit. Tunggu beberapa saat untuk potongan wortel melengkung.

Selain lobak dan wortel, beberapa garnish yang umum digunakan untuk masakan Jepang adalah timun, daun bambu, bihun, dan bunga-bunga yang bisa dimakan.

 


(ELG)