8 Kebiasaan yang Harus Anda Hindari ketika Berkunjung ke Negara Ini

Raka Lestari    •    Senin, 12 Feb 2018 12:18 WIB
tips bepergian
8 Kebiasaan yang Harus Anda Hindari ketika Berkunjung ke Negara Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bepergian ke negara lain bisa menambah wawasan sekaligus pengalaman sebagai traveler. Anda juga bisa mempelajari kebiasaan-kebiasaan unik penduduk setempat dari setiap negara.

Dikutip dari Reader's Digest, ada beberapa kebiasaan di berbagai negara yang wajib Anda ketahui.

1. Jangan memberikan tip di Jepang

Pelayanan di restoran ataupun hotel di Jepang diklaim sangat memuaskan. Namun sebaiknya Anda tidak memberikan tip karena bisa dianggap Anda merendahkan mereka.

2. Dilarang tersenyum pada orang asing di Rusia

Tersenyum kepada orang lain bisa dianggap menunjukkan afinitas yang tulus kepada orang lain. Namun berbeda di Rusia yang mana Anda bisa dianggap sebaliknya.

3. Dilarang menggunakan tangan kiri di India

Tangan kiri dianggap sesuatu yang kotor dalam budaya India, jadi selalu gunakan tangan kanan ketika menyapa seseorang, bertukar uang, atau mengambil barang dagangan.

4. Jangan membunyikan klakson di Norwegia

Membunyikan klakson di Norwegia hanya boleh dilakukan dalam keadaan darurat. Membunyikan klakson jika tidak diperlukan justru bisa membuat orang lain menjadi panik.

5. Jangan berbicara dengan tangan di dalam saku di Jerman

Memasukkan tangan Anda ke dalam saku ketika berbicara dengan seseorang bisa dianggap tidak sopan jika Anda berada di Jerman. Ini juga berlaku ketika Anda sedang berada di meja makan, sebaiknya tetap membiarkan tangan Anda berada diatas meja makan daripada membiarkannya di pangkuan Anda.

6. Jangan duduk di kursi belakang taksi di Irlandia

Ada beberapa negara yaitu Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan Skotlandia yang melarang Anda duduk di kursi belakang ketika naik taksi karena bertentangan dengan peraturan egalitarianisme.

7. Jangan sebut Amerika Serikat "Amerika" di Amerika Selatan

Menyebut Amerika Serikat dengan sebutan "Amerika" di Amerika Selatan menyiratkan bahwa hanya Amerika Serikat yang layak mendapatkan gelar "Amerika". Padahal Amerika Selatan juga berada di Amerika.

8. Dilarang membersihkan hidung di tempat umum di Prancis

Membersihkan hidung Anda ketika sedang flu di tempat umum dianggap menjijikan di Prancis. Sebaiknya, Anda melakukannya secara sembunyi-sembunyi atau melakukannya di kamar mandi.




(DEV)