Indonesia Menari 2016

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 23 Nov 2016 19:33 WIB
galeriindonesiakaya
Indonesia Menari 2016
Sejumlah penari secara serentak menari pada Indonesia Menari 2016. Foto: ANT/ Angga Pratama

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada yang menarik perhatian di Mal Grand Indonesia. Pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Pusat itu dijejali ribuan orang dari penjuru nusantara. Mereka mengenakan kostum unik layaknya penari.

Rupanya, mereka adalah peserta Indonesia Menari 2016 yang diselenggarakan oleh Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation. Sebanyak 1.500 peserta yang meliputi penari perorangan, berbagai komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari dan komunitas pecinta tari dari sekolah dan universitas nampak begitu antusias membawakan tarian.

Tidak hanya penari, Indonesia Menari 2016 juga diikuti oleh masyarakat dari bermacam-macam profesi. Seperti perawat, engineer, fisioterapis hingga analis maskapai penerbangan.  Mereka berbondong-bondong unjuk kebolehan menari demi memperebutkan total hadiah Rp150 juta.

Gerak tari, lagu daerah, dan bahasa tubuh tiap penari seolah membuat penonton ingin ikut menari. Tepuk tangan penonton kian membakar semangat penari yang berlenggak-lenggok.

Siang itu secara serentak mereka menari di delapan titik Grand Indonesia, baik di East Mall maupun West Mall. Untuk East Mall, peserta dibagi ke dalam empat area, yaitu main stage di atrium 1, lantai 2, lantai 3 dan Shinta Lobby di GF. Sementara, di West Mall, kemeriahan Indonesia Menari 2016 dapat disaksikan di lantai GF, Fountain Atrium, lantai 5, dan lantai 8 di depan Galeri Indonesia Kaya.

Tarian berdurasi empat menit itu dikonsep oleh Principal Dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company Takako Leen, dengan genre tari modern, namun tetap menyisipkan sentuhan budaya Indonesia ke dalam kreasi tari. Dengan diiringi musik hasil aransemen Pongky Prasetyo dan merupakan gabungan lagu daerah dari Sumatera Utara (Siksik Sibatumanikan), Kalimatan Selatan (Paris Berantai), Papua (Sajojo), Betawi (Jali-jali), Bali (Janger), dan Sulawesi Selatan (Poco-poco), event yang digelar kali ke-5 ini semakin meriah.

Lebih dari itu, Indonesia Menari 2016 juga menghadirkan beberapa tokoh muda untuk lebih memberikan warna pada acara tersebut. Ada Tatjana Saphira, Mario Ginanjar, Brandon Salim, Asmara Abigail, Ufa Sofura dan Takako Leen.

Penasaran dengan keseruan Indonesia Menari 2016? Simak dalam IDEnesia bersama Yovie Widianto dan Renitasari Adriandi Metro TV pada Kamis (24/11/2016) pukul 22.30 WIB. Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.
 


(ROS)