Wisata Religi ke Vihara Buddha Prabha Yogyakarta

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 24 Nov 2016 18:09 WIB
pariwisata indonesia
Wisata Religi ke Vihara Buddha Prabha Yogyakarta
(Foto: Metrotvnews.com/ Sri Yanti)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kesibukan sehari-hari tak lantas membuat tempat ibadah sepi pada hari-hari biasa. Seperti Vihara Buddha Prabha, atau biasa disebut Klenteng Gondomanan. Vihara tersebut tetap dikunjungi untuk sembahyang maupun wisata.

"Setiap hari vihara ini dikunjungi sekitar 10 orang pada waktu yang berbeda, ada yang pagi, siang, sore, atau malam," ujar Narji, salah satu biokong yang bertanggung jawab atas kebersihan vihara sekaligus menjadi pemandu bila ada wisata rohani ke vihara yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3, Prawirodirjan, Gondomanan, Rabu (22/11/2016).

Pria yang sudah enam tahun menjadi biokong di vihara tersebut menjelaskan, vihara biasanya dikunjungi pagi hari sebelum bekerja, yaitu antara pukul 6 hingga 8 pagi. Namun terkadang ada juga yang masih ingin bersembahyang pada malam karena tempat ibadah tersebut buka pukul 6 pagi hingga 9 malam setiap hari.

"Kebanyakan dari mereka yang ibadah adalah pelajar atau mereka yang merantau," tambahnya.

Sama seperti tempat ibadah yang ramai dikunjungi saat hari raya, vihara ini juga mengalami peledakan jumlah pengunjung saat Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

Tempat ibadah yang diperkirakan didirikan tahun 1846 oleh masyarakat Tionghoa di kota pelajar tersebut juga mengalami peningkatan jumlah pengunjung hingga lima kali lipat setiap kebaktian Minggu yang berlangsung selama satu setengah jam.

Saat ini, Vihara Buddha Prabha mempunyai dua fungsi yaitu sebagai Klenteng Konghucu dan Vihara Buddha.

 


(DEV)