Jangan Buang Air Bekas Rebusan Pasta, Ini Fungsinya

Raka Lestari    •    Minggu, 13 Jan 2019 20:38 WIB
tips memasak
Jangan Buang Air Bekas Rebusan Pasta, Ini Fungsinya
Trik ini merpakan cara yang paling sering digunakan oleh restoran-restoran di Italia. (Foto Ilustrasi: Eiliv Sonas/unsplash.com)

Jakarta: Memasak pasta instan adalah salah satu teknik masakan yang paling mudah dan sangat jarang sekali berakhir dengan kegagalan. Bahkan bagi mereka yang tergolong pemula dalam memasak pun bisa melakukannya.

Memasak pasta instan memang sangat mudah, tetapi ada beberapa tips dan trik dari yang Anda duga. Salah satunya adalah dengan tidak membuang air bekas rebusan pasta tersebut. Dan inilah salah satu hal yang paling sering terlupakan.

Dilansir dari Reader's Digest, air bekas rebusan pasta adalah cairan yang tersisa ketika pasta direbus. Biasanya air bekas rebusan pasta tersebut terasa asin dan mengandung zat tepung yang berguna.

Meskipun mungkin terlihat sedikit keruh dan kotor, tetapi air bekas rebusan pasta ini merupakan kunci utama untuk keberhasilan dalam membuat saus yang enak dan terlihat menarik.

Setelah pasta selesai dimasak, keluarkan pasta yang sudah matang dari panci menggunakan penjepit atau garpu pasta sehingga air bekas rebusan pasta tersebut tersisa di dasar panci. Dengan begitu, Anda dapat menghemat air sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan. Sisakan air bekas rebusan pasta tersebut sekitar satu cangkir per sajian.

Selanjutnya, tambahkan saus ke panci yang masih terdapat air bekas rebusan pasta tersebut dan aduk, lalu tambahkan pasta. Kandungan pati menambah citarasa yang sangat nikmat ke dalam saus Anda, dan kandungan garamnya menambah rasa ekstra. Selain itu, kandungan zat tepung atau pati yang terdapat dalam air bekas rebusan pasta tersebut juga berfungsi untuk mengentalkan saus.

Trik ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh restoran-restoran di Italia yang menyebabkan kenapa rasa pasta di restoran-restoran lebih enak dibandingkan bikinan rumahan. Cara ini bisa dengan mudah dipadukan dengan simpel saus seperti bolognaise dan sebaiknya ketika saus dimasak dengan api sedang sambil menambahkan daging ke dalamnya.

Menikmati Jamu dalam Bentuk Es Krim



(FIR)