Hati- hati Bahan Makanan yang Sering Dipalsukan

Dwi Ayu Rochani    •    Senin, 12 Sep 2016 16:53 WIB
kuliner
Hati- hati Bahan Makanan yang Sering Dipalsukan
(Foto: Bmcdn) Telliti lagi ketika Anda memilih bahan makanan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika membeli makanan Anda patut berhati-hati, karena sekarang ini berbagai makanan palsu semakin hari semakin meningkat baik jenis maupun jumlahnya. Seperti dilansir dari situs huffingtonpost, berikut ini adalah beberapa makanan yang sering dipalsukan. 



Kopi
Usahakan untuk membeli kopi yang masih berbentuk biji. Kopi yang sudah diolah kurang baik untuk kesehatan, begitu juga dengan kopi olahan. Karena biasanya kopi yang sudah dikemas kemungkinan sudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya, salah satunya seperti pengawet. 




Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau yang dikenal dengan nama olive oil merupakan salah satu makanan yang paling tercemar di dunia. Merek pada setiap botol olive oil tidak menjamin bahwa produk tersebut asli dari Italia. Bahkan beberapa peneliti sempat menemukan minyak zaitun itu dijual dengan kondisi basi atau tengik. Periksa lagi sebelum Anda membeli.




Ikan dan Seafood
Waspada saat membeli ikan di pasar. Apalagi terdapat bebarapa penjual yang menjual ikan mahal ditukar dengan ikan yang lebih murah. Yang paling sering terjadi adalah ikan kakap merah atau nila. Begitu pula dengan kerapu yang ditukar dengan ikan lain.




Sushi dan Lobster
Anda juga perlu berhati-hati saat makan sushi di sebuah restoran. Karena sebuah studi yang dilakukan oleh kelompok nirlaba Oceana mengungkapkan, ketika memesan tuna putih di sebuah restoran sushi, 94 persen restoran akan menyajikan sushi dari bahan lain. Lobster juga sering ditukar dengan langostino yang lebih mirip dengan kepiting.

(Baca juga: 7 Makanan Sehat yang Menyimpan Potensi Berbahaya)



Parmesan

Tahun ini sebuah penelitian menemukan bahwa serbuk kayu digunakan sebagai bahan dalam pembuatan parmesan di supermarket. 



Minyak Goreng
Hati-hati saat membeli minyak goreng karena sudah banyak kasus peredaran minyak sulingan yang dibuat seperti parfum, dengan bahan kimia dan tidak seperti minyak tradisional lainnya.




Daging Sapi
Biasanya sapi pemakan rumput, tapi sekarang ini terdapat sapi peminum air yang disebut dengan sapi gelongongan demi mendapatkan bobot sapi yang berat.





Madu
Rasa madu berkualitas biasanya terasa manis natural. Sedangkan madu palsu manisnya lebih terasa pahit karena dicampur dengan pemanis buatan dan sirup jagung. 




Sampanye
Kita tahu bahwa sampanye berasal dari Perancis, tapi itu tidak menghentikan Amerika untuk membuat anggur yang berkualitas sama seperti Perancis. Banyak anggur dari Amerika yang mengambil label mirip sampanye.





(TIN)