5 Tips Liburan Hemat Bujet ke Semarang, Dijamin Senang dan Puas!

M Studio    •    Kamis, 17 May 2018 08:01 WIB
wisata jawa tengahtips wisata
5 Tips Liburan Hemat Bujet ke Semarang, Dijamin Senang dan Puas!
Masjid Agung Jawa Tengah (Foto:Antara/Aditya Pradana Putra)

Semarang: Meski tidak sepopuler Yogyakarta, Malang, atau Bandung, nyatanya Semarang juga menyimpan kekayaan wisata yang tak kalah indah dan lengkap. 

Beragam jenis destinasi wisata ditawarkan, mulai dari wisata alam pantai, pegunungan, sejarah dan budaya, religi, wisata modern, serta wisata kuliner. 

Dengan potensi wisata tersebut, rasanya tak salah jika menjadikan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini sebagai destinasi wisata tujuan selanjutnya. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu tips berwisata hemat bujet berikut ini, agar liburan Anda tetap asyik tanpa harus terlalu menguras kantong. 

1. Gunakan Transportasi Kelas Ekonomi

Bagi Anda yang berasal dari Pulau Jawa, transportasi yang direkomendasikan untuk menuju Semarang adalah kereta api. Transportasi jenis ini dianggap sebagai pilihan terbaik mengingat harga tiketnya yang tak semahal pesawat, dan dengan jarak tempuh lebih cepat dibandingkan bus. Apalagi, kini pelayanan kereta api sudah jauh lebih baik, meski dalam kategori kelas ekonomi. 

Sementara bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Jawa, Anda bisa memanfaatkan tiket pesawat promo atau pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk menghindari lonjakan harga. 

2. Pilih Penginapan Murah

Setelah urusan transportasi, kini saatnya Anda mencari penginapan yang tidak hanya cocok secara harga, namun juga dari segi pelayanan. Sangat direkomendasikan untuk memilih Airy Rooms, sebuah jaringan hotel dan penginapan terbesar di Indonesia. Dengan Airy Rooms, dijamin Anda bisa mendapatkan hotel murah di Semarang dengan mudah dan cepat. 

Cukup melakukan pemesanan online melalui website atau aplikasi Airy Rooms, dan Anda akan mendapatkan kamar dengan beragam fasilitas. Di antaranya kamar mandi dalam dengan shower air hangat, pendingin ruangan (AC), TV layar datar, dan Wifi gratis. 

Untuk pembayaran juga sangat mudah dan fleksibel, yakni bisa dengan kartu kredit atau melalui transfer antar bank. Tak hanya itu, lokasinya hotel ini juga berada di kawasan strategis, sehingga akan sangat memudahkan perjalanan wisata Anda.

3. Kunjungi Lokasi Wisata Murah

Nyatanya, tak semua tempat wisata dipatok tiket mahal. Ada banyak destinasi wisata ekonomis yang bisa dikunjungi selama Anda berada di Semarang. Sebut saja, Simpang Lima, Masjid Agung Jawa Tengah, beragam museum, beragam wisata pantai, dan beberapa wisata alam perbukitan. Harga tiketnya mulai dari gratis hingga di bawah Rp10.000.
 
Jika Anda hendak berkunjung ke destinasi wisata yang berharga tiket lumayan mahal, sebaiknya hindari berkunjung selama peak season karena dikhawatirkan akan ada kenaikan harga. 

4. Gunakan Transportasi Umum

Agar lebih hemat, sebaiknya hindari penggunaan moda transportasi taksi kecuali jika ada kepentingan yang mendesak. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih menggunakan transportasi massal seperti Trans Semarang, atau bus kota. Dengan transportasi ini Anda tidak hanya bisa berhemat, tetapi juga bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal. 

Bus Trans Semarang hadir dengan 6 koridor dan bus kota melayani 15 rute. Untuk informasi lebih lanjut, ada baiknya Anda mencari informasi terkait demi kelancaran perjalanan wisata Anda. 

5. Batasi Keinginan untuk Membeli Hal yang Tidak Perlu

Membeli oleh-oleh ketika berwisata memang sebuah hal yang wajar. Namun, bukan berarti Anda bebas membeli sesuka hati apa pun yang ada di depan mata. Beli cendera mata sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. Terkadang, mendisiplinkan diri memang dibutuhkan agar waktu dan uang tidak terbuang percuma.

Itulah beberapa tips hemat berlibur ke Kota Semarang yang bisa Anda terapkan. Semoga perjalanan wisata Anda bisa berjalan lancar, menyenangkan, dan tidak membuat kantong jebol.


(ROS)