Festival Internasional Gastronomi Prancis 2018

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Mar 2018 19:07 WIB
kuliner
Festival Internasional Gastronomi Prancis 2018
Classic Beef Rossini Style di acara Prancis Good France. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France menggelar rangkaian acara festival internasional cita rasa Prancis Good France secara serentak pada 21 Maret 2018 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet pada acara Konferensi Pers Festival Internasional Gastronomi Prancis Good France 2018 di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 13 Maret 2018 mengatakan, “Pada 21 Maret, chef berbakat di berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis.”

(Baca juga: Harga Masakan Prancis Mahal, Benar atau Salah?)


(Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France menggelar rangkaian acara festival internasional cita rasa Prancis Good France secara serentak pada 21 Maret 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Ia mengharapkan Good France bisa menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis yang menjadi warisan budaya dunia sekaligus mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung di dalambya yaitu semangat berbagi dan kebersamaan.

Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagau elemen penting. Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasa mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik tersebut mempererat hubungan antar individu, baik teman maupun kelurga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.








(TIN)