6 Fungsi Microwave Selain untuk Memanggang Roti

Raka Lestari    •    Kamis, 22 Feb 2018 16:24 WIB
tips & trik
6 Fungsi Microwave Selain untuk Memanggang Roti
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bicara soal fungsi microwave, semua orang sepakat alat ini memiliki fungsi untuk memanggang kue. Namun, fungsinya ternyata lebih banyak dari yang orang kira.

Tak hanya untuk memanggang kue dan menghangatkan makanan, microwave bisa mempermudah pekerjaan Anda di dapur.

1. Mengupas bawang putih

Anda bisa mengupas bawang dalam 15 detik tanpa kesulitan sama sekali dengan menggunakan microwave. Rendam bawang putih di dalam air sampai air, kemudian masukan ke dalam microwave hingga menguap dan kulit bawang akan mengelupas dengan sendirinya.

2. Membuat jus

Sebelum membuat jus jeruk atau lemon, masukkan buah utuh yang belum dipotong ke dalam microwave selama 10 detik. Memasukkannya ke dalam microwave akan mengendurkan serat-serat yang terdapat dalam buah dan mempermudah untuk mengeluarkan air di dalam buahnya.

3. Memanggang kacang

Masukkan segenggam kacang ke dalam mangkuk tahan panas, aduk dengan sedikit minyak, kemudian masukkan ke dalam microwave selama 60 detik. Waktu yang dibutuhkan bergantung pada jenis kacang.

4. Memisahkan brown sugar

Bila brown sugar di rumah Anda mulai mengeras, cobalah trik ini. Basahi handuk kecil, masukkan ke dalam kantong gula, lalu masukkan ke dalam microwave selama 25 detik. Kelembaban dari handuk akan di transfer ke gula dan membuatnya lebih mudah untuk menyendoknya.

5. Menghaluskan madu yang mengeras

Jika madu di dapur Anda mengkristal atau mengeras, cukup lepaskan tutupnya dan panaskan dalam microwave selama 30 - 40 detik secara bertahap sampai kembali ke tekstur aslinya. Namun, sebelumnya pastikan wadah yang digunakan aman untuk dimasukkan ke dalam microwave.

6. Mengupas kulit sayuran

Labu atau sayur-sayuran yang berasal dari akar seperti wortel atau bit cukup sulit dikupas karena tekstur kulitnya yang keras. Agar pekerjaan Anda lebih mudah, masukkan ke dalam microwave selama 2-3 menit dengan panas yang rendah sampai kulit lebih lentur dan mudah dikupas. (Reader Digest)

Lihat video:




(DEV)