Cara Memasak Jamur yang Benar

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 22 May 2017 07:00 WIB
tips memasak
Cara Memasak Jamur yang Benar
Menurut penelitian tersebut, jamur merupakan sumber serat dan protein yang hebat, dan juga sangat rendah kalori dan lemak. (Foto: Pinterest/Instagram.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jamur adalah sumber makanan yang kaya akan serat dan vitamin. Namun, bila Anda ingin mendapatkankan nutrisi jamur secara maksimal, cara memasaknya juga harus diperhitungkan. 

Sebuah studi menemukan bahwa memanaskan dan memanggang adalah cara memasak jamur yang paling tepat agar kandungan antioksidan di dalamnya tetap terjaga. 



Penelitian yang dipublikasikan secara daring dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition tersebut menyebutkan, bahwa memanggang dan memanaskan jamur dapat mempertahankan nutrisi yang ada di dalam jamur. 

Selain itu, memanggang dengan menggunakan sedikit minyak, terutama minyak zaitun, membantu menambah nilai gizi jamur meskipun menambah beberapa kalori. 

Faktanya, memasak jamur justru dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dimana menggoreng dan merebusnya hingga mendidih dapat menghilangkan gizi dalam jamur.



(Baca juga: Jamur Mampu Cegah Risiko Demensia dan Alzheimer)

"Ketika jamur dimasak dengan cara dipanggang atau dipanaskan, kandungan polifenol dan aktivitas antioksidan meningkat secara signifikan dan tak ada nutrisi yang hilang saat proses tersebut," jelas asisten peneliti Irene Roncero dalam sebuah pernyataan. 

Ia menambahkan, cara memasak menggoreng dan merebus membuat oridtein dan antioksidan dalam jamur berkurang karena pencucian zat terlarut dalam air atau minyak yang secara signifikan mempengaruhi jumlah nutrisi.

Studi tersebut meneliti tiga jenis jamur: Agaricus bisporus (jamur kancing putih), edin Lentinula (shiitake), Pleurotus ostreatus (jamur tiram) dan Pleurotus eryngii (jamur tiram raja).

Jamur-jamur tersebut ditaman dalam ruang laboratorium khusus. Jamur yang mentah dan matang kemudian dibekukan dan para peneliti menganalisa kompisisi dan tingkat antioksidan. 

Menurut penelitian tersebut, jamur merupakan sumber serat dan protein yang hebat, dan juga sangat rendah kalori dan lemak.

Selain itu, jamur ini juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B12, C, D, dan E, serta seng dan selenium.

Tanaman mungil tersebut juga dapat membantu melawan kanker, khususnya  jamur kancing putih, serta empat varietas jamur lainnya, dan mampu menekan pertumbuhan dan reproduksi sel kanker payudara, 

Manfaat lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh,serta membantu proses pemulihan dari flu, dan bahkan wabah herpes.







(TIN)