Curug Sidok, Pesona Keindahan Alam yang Tersembunyi

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 16 Mar 2017 16:02 WIB
wisata jawa tengah
Curug Sidok, Pesona Keindahan Alam yang Tersembunyi
Curug Sipendok atau lebih dikenal dengan Curug Sidok merupakan satu satu destinasi wisata alam yang masih terpendam di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. (Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pemalang: Curug Sipendok atau lebih dikenal dengan Curug Sidok merupakan satu satu destinasi wisata alam yang masih terpendam di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Keindahan panorama alam yang asri, sejuk dan alami tersebut menjadi daya tarik wisata tersendiri, bagi pengunjung yang suka dengan keindahan alam.

Untuk bisa menikmati indahnya Curug Sidok, pengunjung harus menempuh perjalanan yang jaraknya sekitar 50 km dari Pantura Pemalang menuju ke arah selatan. Tepatnya di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Untuk dapat mencapai curug, para pengunjung harus berjalan sekitar 300 meter dari batas rumah penduduk, dengan menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya ditumbuhi pohon bambu.

(Baca juga: Air Terjun Si Pitung, Wahana Sport Tourism di Kabupaten Batang)

Air terjun yang seolah keluar dari tebing cadas yang tingginya lebih dari 8 meter ini sangat indah dipandang mata. 


(Warga menikmati keindahan curug sidok di Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Udara yang sejuk khas pegunungan serta rimbunnya pepohonan di sekitar curug ditambah batu-batuan besar, membuat pengunjung betah untuk menikmatinya.

Tak jarang sejumlah pengunjung mandi-mandi sambil bermain air di bawah air terjun. Airnya yang jernih dan cukup dingin ini sangat disukai para pengunjung.

Pengunjung juga tak akan melewatkan untuk berswa foto, mengabadikan keindahan alam ini. Meskipun kebanyakan pengunjung mengaku cukup sulit untuk bisa mencapai curug, lantaran belum adanya akses jalan yang memadai, namun rasa letih tersebut terbayar sudah ketika sampai di curug ini.

"Saya baru pertama datang ke sini dan luar biasa pemandangannya. Suasanya sejuk banget, airnya jernih, enak buat mandi-mandi. Tapi sayang belum ada kamar ganti," kata salah satu pengunjung asal tegal, Wiwoho, Rabu (15/3/2017) lalu.

Selama ini, warga sekitar curug tersebut memanfaatkan aliran airnya untuk mencuci, mandi dan bahkan untuk mengairi areal persawahan. Namun sayang, keindahan alam Curug Sidok ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat.

"Sementara belum ada yang mengelola. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah, agar ke depan potensi desa bisa menjadi obyek wisata yang bermanfaat untuk masyarakat," ungkap Kepala Desa Mandiraja, Saehudin.






(TIN)