Bali Kian Semarak dengan Penyelenggaraan Maybank Bali Marathon

M Studio    •    Rabu, 24 Aug 2016 13:32 WIB
berita kemenpar
Bali Kian Semarak dengan Penyelenggaraan Maybank Bali Marathon
Bali (Foto:Antara/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Denpasar: PT Bank Maybank mendukung penyelenggaraan Bali Marathon 2016. Malaysia Truly Asia berpromosi ke Bali, itu adalah langkah cerdas Malaysia untuk menggaet wisman Bali. Itu sama dengan cara Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam 'menjaring ikan di kolam' yang penuh 'ikan' di Singapura.

Berpromosi Wonderful Indonesia di Singapura, bukan hanya untuk mendapatkan pangsa pasar Singapura, tetapi justru orang asing yang sedang berwisata atau menjadi ekspatriat di Singapura.

Karena itu, kecerdasan Malaysia Truly Asia itu patut diacungi jempol. Kali ini giliran PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) yang memastikan bahwa penyelenggaraan lomba lari internasional yang tahun ini memasuki tahun kelima itu, akan berlangsung Minggu, 28 Agustus 2016, di Gianyar, Bali.

Dalam kesempatan yang sama Maybank Indonesia juga mengumumkan perubahan nama event dari “BII Maybank Bali Marathon” menjadi “Maybank Bali Marathon” selaras dengan identitas baru perusahaan.

Manajer Perlombaan Maybank Bali Marathon 2016 Esti Nugraheni mengatakan, sejak pertama diselenggarakan pada tahun 2012, Maybank Bali Marathon sebagai lomba lari berstandar internasional telah mengantongi sertifikasi dari International Measurement Certificate number INA2012/009 dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

”Pengukuran rute dilakukan International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Sementara, rute 10K mendapat sertifikasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), tentu ini juga konsistensi kami menjaga Pariwisata Indonesia agar Bali Marathon tetap terus mendunia,” ujar Esti kepada wartawan.

Kalau pun seperti sebelumnya, saat marathon digelar, Malaysia Truly Asia banyak bertebaran di Bali itu sah-sah saja, tidak ada yang dilanggar. Itu kecerdasan mereka yang justru perlu diapresiasi. Saat ini "Pure" New Zealand juga sedang gencar promosi melalui digital dalam bahasa Indonesia. Tentu sasarannya adalah wisman asal Indonesia untuk outbound.

Sejak 2014, kata Esti, ajang lomba lari yang diselenggarakan oleh Maybank Indonesia telah memenuhi kualifikasi sebagai official race directory Boston Marathon, yang merupakan salah satu dari enam World Major Marathon series (disamping Berlin, New York, London, Chicago, dan Tokyo Marathon).

Hanya pelari yang mampu menyelesaikan lomba lari maraton tertentu, termasuk Maybank Bali Marathon, dalam kualifikasi waktu (qualifying time) minimum yang telah ditentukan, berhak untuk melakukan pendaftaran di Boston Marathon.

"Maybank Bali Marathon juga mendapatkan pengakuan menjadi salah satu lomba yang tercatat sebagai Remarkable Races You Need to Run Before You Die (Lomba Luar Biasa yang Wajib Diikuti sebelum Tutup Usia), menurut The Active Times,” ucap Esti.

Lomba lari Maybank Bali Marathon 2016 menargetkan keikutsertaan 7 ribu peserta atau naik sekitar 30 persen dibandingkan jumlah peserta pada BII Maybank Bali Marathon 2015.

"Kami telah memperhitungkan sejumlah faktor seperti perayaan hari besar keagamaan, cuaca, bahkan Pekan Olahraga Nasional 2016 sebelum menetapkan tanggal pelaksanaan. Semua sudah kami pikirkan dengan baik," kata dia.

Maybank Bali Marathon disejajarkan dengan lomba maraton yang cukup dikenal di dunia, termasuk Boston, New York, dan Great Wall China Marathon. Selain itu, poling yang dilaksanakan oleh RunHood Instagram Magazine menempatkan lomba tersebut sebagai Best Marathon 2015, Best Half Marathon 2015 dan Best Finisher Medal 2015.

Saat pertama kali diselenggarakan pada 2012, Maybank Bali Marathon berangkat sejalan dengan mulai bertumbuhnya kembali animo masyarakat terhadap hobi lari. Penyelenggaraan Maybank Bali Marathon menandai kembalinya ajang lomba full marathon internasional di Tanah Air setelah vakum 22 tahun dari kalender olahraga nasional.


Pada 2012, sekitar 2 ribu peserta mengikuti lomba lari yang memperlombakan ajang full marathon berstandar internasional dengan jarak 42,195 km, half marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km). Jumlah peserta meningkat menjadi 3.000 peserta pada 2013 dan naik menjadi 4.500 peserta pada 2014 hingga mencapai lebih dari 5.000 peserta pada 2015. Disamping dari dalam negeri, tercatat juga peserta dari luar negeri, termasuk dari Kenya, Ethiopia, Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Asia.

“Memperhatikan animo peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun, kami memproyeksikan penambahan slot peserta sekitar 25 persen dari jumlah peserta tahun lalu. Penambahan slot ini tentu saja harus kami sertai dengan kesiapan infrastruktur yang lebih baik karena kami tetap harus menjaga dan memastikan kualitas, keamanan dan kenyamanan lomba. Penambahan peserta pada prinsipnya tidak boleh mengurangi kualitas lomba,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia.

Menurut Taswin, selaras dengan misi humanising financial services, khususnya berada di tengah komunitas, Maybank Indonesia tumbuh dan berkembang bersama komunitas pehobi lari sejak 2012.

“Kami mencermati beberapa peserta yang dulu memulai dari 10K kini sudah naik tingkat ke half marathon hingga full marathon. Bahkan ada peserta dengan latar belakang non atlet mampu bersaing di ajang Maybank Bali Marathon,” jelasnya.

Tercatat, model Indonesia, Kelly Tandiono berhasil menjadi juara kedua dalam nomor 10K kategori Indonesia di Maybank Bali Marathon 2015. Dari segi prestasi, atlet nasional Triyaningsih juga mampu mencatatkan namanya di antara peserta asing termasuk pelari Kenya, dengan menjadi runner up 10K kategori open (internasional) di Maybank Bali Marathon 2015.

Sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Bali Marathon, seperti tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali akan melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba marathon. Ribuan masyarakat Bali dan murid-murid dari 27 sekolah di Gianyar akan berpartisipasi menyambut para peserta dan menyemarakkan event lari internasional itu.


(ROS)