Atraksi Loncat Indah Bocah Kaili di Pusat Laut Donggala

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 06 Oct 2017 16:31 WIB
pariwisata indonesia
Atraksi Loncat Indah Bocah Kaili di Pusat Laut Donggala
Atraksi aksi 'loncat indah' memang menjadi pertunjukkan menarik saat mengunjungi Pusentasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Sulawesi Tengah. (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Donggala: Pusat Laut Donggala atau sumur raksasa ini kerap kali disebut Pusentasi. Diambil dari bahasa Kaili, suku asli Sulawesi Tengah, 'Pusen' yang berarti Pusat, dan 'Tasi' berarti laut.

Tertutup dengan pagar tinggi berwarna warni, yang tampak sedikit tidak terawat. Namun siapa sangka, di dalamnya terdapat sink hole atau tanah ambles layaknya sumur raksasa yang membuat siapa pun yang berkunjung jatuh hati.

Air biru yang tenang, jernih, tampak relief bebatuan mengelilinginya, dengan segerombolan ikan berlalu lalang yang tak merasa terganggu dengan loncatan anak-anak Kaili ke dalam pusat laut tersebut.

(Baca juga: Wah, Ada Salju di Dasar Laut Benua Pasifik)


(Atraksi aksi 'loncat indah' anak-anak Dusun Simbe. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Atraksi aksi 'loncat indah' memang menjadi pertunjukkan menarik saat mengunjungi Pusentasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Tak perduli legam dan mengendurnya kulit karena paparan sinar matahari dan dingin air, belasan bocah-bocah bertelanjang dada tetap asik tertawa riang sambil bercengkrama. Tak sedikit yang juga memamerkan gaya loncat indah yang dikuasai masing-masing.

Jika ingin, Anda pun bisa menguji adrenalin, untuk ikut serta melompat dan merasakan kesegaran air di sumur raksasa alami ini.

Pusentasi memiliki diameter sekitar 10 meter dengan kedalaman 7 meter. Air di dalamnya terasa asin, dikatakan karena adanya sebuah lubang yang menghubungkan antara pantai yang berjarak 500 meter dari pusat laut ini.


(Masyarakat setempat juga mempercayai bahwa air di Pusentasi dapat mengobati berbagai penyakit. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Hal menarik lainnya, air di dalam sumur raksasa ini akan mengalami pasang apabila air laut sedang surut dan begitupun sebaliknya. Selain itu, masyarakat setempat juga mempercayai bahwa air di Pusentasi dapat mengobati berbagai penyakit.

Untuk menuju ke Pusentasi, Anda harus menempuh  perjalanan selama 30 menit dari pusat kota Donggala atau sekitar 2 jam dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Terdapat tiket masuk yang dibandrol Rp5 ribu untuk anak-anak, Rp10 ribu untuk dewasa, dan Rp15 ribu untuk wisatawan asing per orangnya.

Namun biaya tersebut hanya dikenakan saat hari libur atau tanggal merah, dan di hari Minggu. Sedangkan di hari Senin - Sabtu setiap pengunjung tak perlu membayar biaya sepeser pun.










(TIN)