Ragam Rasa Kota Melayu

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 06 Dec 2017 18:16 WIB
galeriindonesiakaya
Ragam Rasa Kota Melayu
Ilustrasi: Tarian adat Karo (Foto:Antara/Irsan Mulyadi)

Jakarta: Berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, ada baiknya bila Anda singgah sejenak ke Deli Serdang. Di sana Anda bisa menikmati keanekaragaman budaya, mulai dari tarian hingga musik tradisional.

Bagi Anda yang cinta tarian Indonesia, bisa berkunjung ke Sanggar Tari Cipta Pesona yang melestarikan tarian multietnis, yakni Melayu, Simalungun, Batak, dan Karo. Anda pun bisa mengamati bagaimana perbedaan dari sisi tarian maupun pakaian yang dikenakan.

Selain tarian, Deli Serdang juga punya seniman yang menekuni alat musik gendang sejak era Presiden Soekarno, yaitu Chairuddin Dahlan atau yang lebih dikenal dengan nama Tok Udin. Dia adalah seorang penabuh gendang kesayangan Guru Sauti, yang belajar bermain gendang sejak tahun 1950-an.

Tok Udin yang kini berusia 75 tahun merupakan maestro gendang terakhir, karena para pengendang cakap lainnya telah wafat. Dirinya pun menjadi pewaris kesenian Melayu dan menjadi sumber rujukan sejarah pengendang dan seniman musik muda.

Oleh karena itu, Tim Pemberian Anugerah Budaya oleh Kementerian Kebudayaan RI rencananya akan mengusulkan Tok Udin Gendang sebagai Maestro Seni Gendang Melayu untuk mendapatkan Anugerah Budaya pada 2018 mendatang.

Usai mendengar tabuhan gendang Tok Udin, tak lengkap rasanya jika  belum mencicipi makanan khas Medan dan berburu oleh-oleh. Anda pun bisa memilihnya, antara lain bolu meranti, bika ambon, lontong kak lin, sate kerang rahmat, dodol di pasar bengkel, dan masih banyak lagi.

Masih banyak yang seru lainnya di Deli Serdang. Mau tahu kelanjutannya? Jangan lewatkan perjalanan Yovie Widianto dan Renita Sari Adrian di Medan di program acara IDEnesia Metro TV, Kamis 7 Desember 2017, pukul 21.05 WIB. Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan mem-follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(ROS)