Cita Rasa Soto Nusantara

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 03 May 2017 19:11 WIB
galeriindonesiakaya
Cita Rasa Soto Nusantara
Ilustrasi: Soto Betawi (Foto:MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika membahas salah satu kuliner terbaik di Indonesia, maka soto sudah pasti masuk dalam daftar. Hal ini bukan tanpa alasan. Soto disukai sebagian besar masyarakat dan ditemukan hampir di semua wilayah Nusantara.

Setiap daerah memiliki gaya tersendiri dalam menyajikan soto. Ada beberapa daerah yang memiliki ciri khas dalam hal penyajian hingga cita rasa soto itu sendiri. Beberapa soto yang memiliki ciri khas dan terkenal di Indonesia adalah soto Betawi, soto Padang, dan soto Madura. Ketiga soto tersebut sangat populer di Jakarta.

Soto Betawi, misalnya. Soto yang terkenal dengan nama soto Betawi H Husein ini pertama kali dibuka oleh H Husein pada sekitar 1950-an. Saat ini, warung soto tersebut diwariskan kepada anaknya sejak 1989, dengan menjaga keaslian rasa soto Betawi yang khas seperti saat pertama kali warung tersebut dibuka.

Lain halnya dengan restoran soto Madura di Jalan Juanda yang dibuka pada 1996. Di restoran tersebut selain menjajakan soto Madura, tersedia menu selain soto.

Ada lagi, warung soto Padang Mangkuto yang telah beroperasi di Jakarta sejak 1959. Soto ini memiliki variasi menu khas Padang. Tekstur soto menyajikan kuah yang lezat serta daging yang terasa garing.

Meski buka sejak puluhan tahun lalu, ketiga restoran tersebut tetap eksis dan digemari. Cita rasa lokal dan kelezatannya yang khas membuat ketiga restoran tersebut bertahan, meski terus digempur serbuan kuliner dari berbagai daerah, bahkan luar negeri.

Hal ini menjadi daya tarik Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) yang memusatkan perhatian pada budaya dan tradisi Indonesia, termasuk di dalamnya kuliner. Perhatian tersebut sebagai salah satu langkah dalam menjaga kelestarian nilai-nilai budaya sekaligus meningkatkan daya tarik wisata.

Ikuti liputan tentang lezatnya ketiga soto yang menjadi favorit masyarakat itu pada program IDEnesia Metro TV, Kamis, 4 Mei 2017, pukul 21.05 WIB. Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan mem-follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(ROS)