Menyaksikan Atraksi Langka Lumba-lumba Liar di Tangalooma

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 30 Apr 2018 07:00 WIB
wisata australia
Menyaksikan Atraksi Langka Lumba-lumba Liar di Tangalooma
Wisatawan bisa memberi makan langsung lumba-lumba di Tangalooma Island Resort (Foto:www.tangalooma.com)

Jakarta: Liburan ke pantai mungkin sudah menjadi hal yang biasa, tapi pengalaman berbeda akan Anda dapatkan jika traveling ke Brisbane, Queensland, Australia. Di sana Anda tak hanya sekadar bermain di pantai. Anda bisa memberi makan langsung lumba-lumba di Tangalooma Island Resort.

Tangalooma Island Resort terletak di Pulau Moreton yang berjarak 40 kilometer, atau 75 menit dari Brisbane. Wisatawan bisa menuju ke sana menggunakan kapal pesiar catarman dari Brisbane. Resort ini merupakan tujuan liburan keluarga yang mencari pengalaman petualangan, pendidikan, atau alam yang bersahaja.

Atraksi langka memberi makan lumba-lumba liar bermula dari pemilik sekaligus Direktur Tangalooma Island, pasangan suami istri Brian dan Betty Osborne. Pada tahun 1977-1980 keluarga Osborne rutin mengunjungi Tangalooma sebagai tamu resort. Kegiatan mereka di malam hari adalah menyaksikan lumba-lumba di dermaga. Saat itu lampu baru saja dipasang di dermaga, sehingga menarik perhatian lumba-lumba untuk mencari ikan di tepian. Kemudian pada 1980, keluarga Osborne membeli Tangalooma Resort. Keduanya lalu membentuk Dolphine Care Protocols yang disetujui oleh Marine Park Authority. Mereka juga membenahi fasilitas di seputar dermaga, dan mengizinkan tamu resort memberi makan kawanan lumba-lumba liar.

Atraksi ini hanya bisa dinikmati oleh para tamu yang menginap di Tangalooma Island Resort setiap sore setelah matahari terbenam. Tim dari The Dolphin Care akan memandu tamu masuk ke dalam air dan membantu proses dolphin feeding. Jika Anda ingin memberi makan lumba-lumba di sana, perlu diketahui beberapa hal penting.

Pertama, tidak diizinkan menggunakan flash saat berfoto. Sebab lampu kilat akan menyebabkan lumba-lumba stres dan berisiko terhadap mata sensitif mereka. Di sana sudah ada tim khusus (fotografer profesional) yang telah dilatih untuk tidak mengarahkan flash ke mata lumba-lumba. Jika pengunjung sedang terkena flu atau sakit pernafasan, tidak diizinkan memberi makan lumba-lumba karena berpotensi menular pada mamalia ini.

Kedua, turis dilarang menyentuh atau menepuk lumba-lumba, karena ia memiliki kulit sensitif dan tidak suka disentuh. Jika dilakukan, akan memberikan efek tegang pada lumba-lumba.

Selain merasakan langsung pengalaman memberi makan lumba-lumba liar, wisatawan juga bisa menikmati sejumlah atraksi wisata yang tak kalah seru di Tangalooma. Apa saja?

1. Menyaksikan Paus Bungkuk


(Sumber: www.tangalooma.com)

Tak ada yang lebih memukau dari menyaksikan atraksi paus bungkuk (humpback) mengepakkan siripnya di laut lepas. Anda mungkin pernah menonton di televisi, namun akan sangat berbeda sensasinya dengan menyaksikan secara langsung di depan mata. Jangan lewatkan momen langka ini karena paus bungkuk dan kawanannya bermigrasi dari perairan dingin Antartika ke perairan Australia yang lebih hangat, hanya pada rentang Juni hingga November. Setelah November, mereka kembali ke Antartika.

2. Snorkeling di Bangkai Kapal


(Sumber: www.tangalooma.com)

Ada sekitar 15 bangkai kapal tenggelam di lepas pantai Pulau yang dijuluki The Wreck. Kini, tempat tersebut menjadi spot favorit snorkeling dan melihat kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Wisatawan juga bisa menyewa kayak untuk mencapai bangkai kapal tersebut. Atau dengan berjalan kaki, dilanjutkan berenang langsung ke bangkai kapal tersebut.

3. Berinteraksi dengan Kehidupan Laut

'
(Sumber: www.tangalooma.com)

Terletak di Moreton Bay, Tangalooma adalah rumah bagi beragam makhluk laut yang tinggal di sekitar Moreton Bay Marine Park, ada lumba-lumba, penyu hijau dan dugong dengan jumlah yang cukup banyak. Hal ini menjadikannya satu-satunya tempat di dunia di mana ditemukan sejumlah dugong yang bisa ditemukan di dekat pusat kota besar. Wisatawan bisa naik kapal Marine Discovery Cruise untuk melihat beberapa penghuni air dengan dekat. Kapal ini dilapisi kaca, sehingga memudahkan para pelancong menikmati pemandangan makhluk laut.

4. Berselancar di Gurun Pasir Moreton


(Sumber: www.tangalooma.com)

Berselancar di lautan, mungkin sudah biasa. Apa jadinya jika berselancar di atas pasir? Tangalooma menyediakan destinasi wisata berselancar di gurun pasir Moreton. Bagi yang gemar memacu adrenalin, destinasi yang satu ini layak dicoba. Anda akan merasakan sensasi berselancar dari atas bukit pasir di sekitar pantai dengan kecepatan hingga 60 km/jam. Gurun pasir tersebut terbentuk oleh erosi alami, dan terus berubah karena tiupan angin di sekitar bukit pasir. Lokasinya sekitar 1 km tenggara Tangalooma, dan menjadi tujuan wisata incaran wisatawan.

5. Kehidupan Liar Khas Australia


(Sumber: www.tangalooma.com)

Pulau Moreton merupakan rumah bagi beragam kehidupan laut, reptil, dan burung. Pada rentang November hingga Februari, populasi penyu hijau akan bersarang di pantai. Sementara, sepanjang tahun ada 190 lebih spesies burung, termasuk kookaburras, komoran, dan burung laut lainnya dapat dilihat di sana. Pulau ini juga memiliki populasi reptil yang melimpah. Tercatat ada 36 spesies seperti kadal lidah biru, goannas (sejenis biawak dan komodo), iguana, kadal, dan ular.

Untuk menuju Tangalooma, wisatawan terlebih dahulu harus singgah di Brisbane. Akses ke Brisbane kini semakin mudah dengan maskapai Singapore Airlines yang memiliki hingga 4 kali penerbangan harian ke Brisbane .


(Sumber: Singapore Airlines)

Singapore Airlines memberikan kapasitas bagasi hingga 50 kg kepada penumpangnya dan dengan lebih dari 1,000 pilihan inflight entertainment membuat perjalanan Anda ke Brisbane jadi terasa lebih menyenangkan.

Anda juga bisa menjadikan penerbangan terasa lebih personal dengan menghubungi kantor Singapore Airlines untuk berbagai special request seperti baby bassinet untuk yang bepergian dengan bayi atau special meal (muslim meal, vegetarian meal,nut free meal, baby & kids meal,dan sebagainya). Rencanakan segera liburan Anda ke Brisbane, dan pesan tiketnya di sini. Jangan tunda lagi, karena promo berakhir hari ini.

  track_getcraft


(ROS)