Haruskah Membuang Semua Air Rebusan Pasta?

Raka Lestari    •    Kamis, 22 Mar 2018 17:33 WIB
tips memasak
Haruskah Membuang Semua Air Rebusan Pasta?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang membuang air rebusan pasta karena dianggap tidak sehat dan penuh bahan pengawet. Padahal, tidak benar. Menyisakan sedikit air rebusan pasta dapat membuat tekstur pasta yang Anda masak kenyal dan sempurna.

Pasta terbuat dari tepung, sehingga akan melepaskan pati dalam air rebusannya. Manfaat dari cairan tersebut tentunya sangat berguna.

Cairan ini membantu mengemulsi dan mengentalkan saus. Emulsifikasi adalah proses pencampuran dua cairan yang  akan saling tolak menolak, dalam hal ini minyak dan air akan menjadi campuran yang halus dan tidak terpisahkan.

Pati dalam air pasta adalah agen pengemulsi dan juga pengental. Jadi, jika Anda menyimpan sebagian air pasta dan kemudian perlahan-lahan mencampur pasta ke dalam saus, Anda akan mengikat secara bersamaan cairan dan minyak.

Ada manfaat lain menggunakan air pasta, dengan tidak membilas pasta, maka Anda menyimpan lapisan pati yang bagus yang akan mengikat pasta itu sendiri ke dalam saus, menciptakan sebuah kesatuan yang bagus bagi pasta Anda.

Jika Anda memasak pasta alternatif yang dibuat dengan lentil, kacang hitam, beras merah, atau apa saja, semuanya juga mengandung tepung, maka air rebusannya juga bisa digunakan untuk mengemulsi pasta dan saus Anda. (Huffington Post)


Lihat video:





(DEV)