Ternyata, Kalori pada Burger Lebih Sedikit Daripada Salad

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Jun 2017 15:09 WIB
kesehatan
Ternyata, Kalori pada Burger Lebih Sedikit Daripada Salad
Bukan berarti salad tidak mengandung lebih banyak mikronutrisi, vitamin, dan mineral dibandingkan burger. Namun untuk asupan kalori, burger dinilai lebih sedikit. (Foto: The Awesome Green)

Metrotvnews.com, Jakarta: Burger, makanan yang terbuat dari roti dan daging, adalah jenis makanan yang disenangi namun dianggap tak menyehatkan. Benarkah demikian?

Seorang analis nutrisi mengungkapkan bahwa semangkuk superfood, yang mengandung quinoa, ayam dan feta; memiliki setidaknya 820 kalori. Sementara, burger mengandung 740 kalori. 



"Teori dimana salad adalah sehat dan burger tidak sehat telah disalahartikan. Berbagai perasa yang ditambahkan ke salad membuat jumlah kalori di dalamnya lebih banyak dibandingkan burger," ujar Jacob Schepis dari JPS Heatlh & Fitness, Australia. 

Ia menjelaskan, bukan berarti salad tidak mengandung lebih banyak mikronutrisi, vitamin, dan mineral dibandingkan burger. Namun untuk asupan kalori, burger dinilai lebih sedikit. 

(Baca juga: Perasa pada Kopi Tambah Kalori dalam Tubuh)

Tambahan kalori dalam salad disebabkan oleh beberapa bahan makanan seperti feta, biji-bijian, kacang-kacangan, keju, daging dan ikan yang dilumatkan, serta minyak untuk menambah rasa. 

Meski demikian, Schepis menyarankan agar tak begitu saja mengonsumsi burger agar asupan yang masuk ke dalam tubuh juga tak hanya berisi kalori. 



"Pilihlah dengan satu lapisan daging. Kemudian untuk makanan pendamping, pilihlah salad daripada keripik. Selain itu, pilihkan soda diet daripada milkshake atau minuman soda biasa," tukasnya. 

Cara lain untuk mengurangi jumlah kalori dalam burger adalah dengan memilih lapisan daging yang berisi daging panggang daripada daging yang digoreng dengan durasi lama. 







(TIN)