Nitro Coffee, Sensasi Ngopi dengan Citarasa Bir

Dhaifurrakhman Abas    •    Kamis, 06 Dec 2018 20:02 WIB
kopi
Nitro Coffee, Sensasi Ngopi dengan Citarasa Bir
Nitro Coffee, gaya baru mencoba kopi dengan injeksi dengan molekul nitrogen. (Foto: Dok. Medcom.id/i.Dhaifurrakhman Abas)

Jakarta: Rasanya, ada yang kurang jika tak menyeduh secangkir kopi di pagi hari. Utamanya buat yang disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

Namun jika tak sempat meracik, bolehlah singgah ke kedai-kedai kopi di lingkungan sekitar. Apalagi belakangan peracik profesional menawarkan menu baru dengan metode kontemporer.

Ambil misal yang dilakukan Maxx Coffee. Teranyar kedai kopi tersebut menyediakan varian kopi yang diinjeksi dengan molekul nitrogen. Karib disebut Nitro Coffee.

"Nitro Coffee itu kreasi kopi yang disuntikkan nitrogen. Menghasilkan sensasi gelembung seperti soda yang dingin," kata Head RND Maxx Coffee, Edward Teonadi, dalam acara "Meet Me at MAXX" ketika ditemui di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis 6 Desember 2018.

Nitro Coffee digadang-gadang menghasilkan citarasa nan fenomenal. Seperti mengecap kopi dengan sensasi wine dan bir. Tentu saja, tanpa kandungan alkohol sama sekali.

"Rasa yang winey bisa dideskripsikan sebagai sensasi gabungan dari aroma, rasa, dan citarasa di mulut," ujarnya.

(Baca juga: Minum Kopi Tingkatkan Kesehatan Jantung)

Nitro coffee disebut tak menghilangkan manfaat yang ada pada kandungan kopi. Malah, menghasilkan tekstur yang nyaman di lidah serta nikmat untuk diminum.


(Nitro Coffee digadang-gadang menghasilkan citarasa nan fenomenal. Seperti mengecap kopi dengan sensasi wine dan bir. Tentu saja, tanpa kandungan alkohol sama sekali. Foto: Dok. Medcom.id/i.Dhaifurrakhman Abas)

Proses nitro coffee

Menurut Barista Maxx Coffee, Alan Christo, proses pembuatan Nitro coffee ini mirip fermentasi pada wine. Mulanya, biji kopi ditumbuk hingga menjadi bubuk kopi.

Lalu bubuk kopi tadi direndam dengan air dingin selama 24 jam. Setelah itu, bubuk kopi tadi disaring menggunakan filter untuk menghilangkan ampas kopi.

Kopi yang sudah menjadi cold brew itu lantas dimasukkan ke dalam tabung yang kemudian disuntikan dengan molekul nitrogen. Setelah itu didiamkan selama 48 jam kemudian kopi siap disajikan atau disimpan selama satu bulan.

"Jadi untuk menciptakan Nitro Coffee butuh waktu sekitar 3 hari proses," ungkapnya.

Menurut Alan, biji kopi yang dipilih untuk Nitro Coffe bisa macam-macam. Namun Maxx Coffe merekomendasikan Brazil Cerrado sebagai jenis biji kopi yang paling pas di lidah masyarakat Indonesia.

"Kita sudah melakukan riset, dan Brazil Cerrado sejauh ini yang paling pas," katanya.

Metode injeksi nitrogen juga bisa diterapkan pada teh. Proses pembuatannya pun serupa Nitro Coffe. Uniknya, Nitro Tea memiliki citarasa rasa teh yang lebih segar dan wangi.

"Bisa dibilang ini pertama kali ada Nitro Tea di Indonesia," tandas Alan.

Jadi, tunggu apa lagi. Jika Anda tertarik, dan tak mau direpotkan menunggu sampai berhari-hari,  silakan kunjungi kedai kopi yang menyediakan menu tersebut ya. Selamat mencoba!




(TIN)