Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Berwisata Membawa Hewan Perliharaan

Sunnaholomi Halakrispen    •    Minggu, 20 Jan 2019 20:11 WIB
tips wisata
Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Berwisata Membawa Hewan Perliharaan
Konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum merencanakan perjalanan dengan hewan peliharaan. (Foto Ilustrasi: Jonas Vincent/Unsplash.com)

Jakarta: Membawa hewan peliharaan saat jalan-jalan memang sangat menyenangkan. Tapi perlu disadari hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Mungkin ada banyak pertanyaan seputar keamanan membawanya berdasarkan peraturan di lokasi tujuan berwisata Anda. Berikut sejumlah tips yang harus Anda lakukan jika membawa hewan peliharaan Anda ke suatu objek wisata:

1. Pastikan Keamanannya
Konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum merencanakan perjalanan dengan hewan peliharaan. Sebab akan ada risiko tinggi yang Anda hadapi. Salah satu contoh, jika hewan peliharaan Anda memiliki reaksi buruk, karena sudah rentan terhadap masalah pernapasan. 

Perhatikan dan patuhi juga peraturan dari maskapai penerbangan. Hanya anjing kecil yang dapat dengan aman masuk ke dalam tas dan disimpan di bawah kursi di depan Anda. Sedangkan, anjing besar harus terbang dengan kargo dan aman ketika dilakukan tindakan pencegahan yang tepat. Disarankan agar anjing dilatih sebelum perjalanan agar mereka nyaman selama penerbangan.

2. Haruskah Hewan Peliharaan Dibius?
Membius atau memberikan obat penenang kepada hewan peliharaan selama penerbangan di pesawat tidak direkomendasikan. Obat tersebut dapat menekan regulasi pernapasan dan suhu tubuh heawn Anda. Selain itu, juga dapat memiliki efek negatif lain pada fisiologi hewan. Namun, berbeda dengan obat penenang alami sesuai dengan rekomendari dokter hewan Anda.

3. Bawalah Dokumen Hewan
Dokumen hewan berisi keterangan masalah kesehatan peliharaan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi agar pihak bea cukai memberikan izin hewan Anda untuk terbang.

Terkait dokumen ini, biasanya Anda memerlukan dokter hewan terakreditasi untuk melakukan ujian sebelum perjalanan Anda agar mendapatkan Sertifikat Inspeksi Veteriner atau Certificate of Veterinary Inspection (CVI). Tetapi tergantung pada tujuan Anda, ada berbagai persyaratan penerimaan yang berbeda untuk masing-masing negara dan negara bagian.

5. Apakah Bandara Ramah untuk Hewan Peliharaan
Hal yang harus diperhatikan selanjutnya ialah pastikan bandara yang Anda tuju ramah untuk hewan Anda. Sejumlah bandara ramah untuk hewan penolong seperti anjing dan biasanya bandara besar menyediakan area pertolongan untuk hewan peliharaan.


(FIR)