Video Pariwisata Indonesia Juara Umum di UNWTO

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 18:32 WIB
wisata
Video Pariwisata Indonesia Juara Umum di UNWTO
Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World memenangkan juara dunia dalam ajang 22nd General Assembly UNWTO. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World memenangkan juara dunia! Dua kategori diborong tuntas, dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO (Unuted Nation World Tourism Organization), Lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata. 

Hasil kompetisi tersebut diumumkan saat 22nd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, pada Jumat (15/9/2017) dan diterima langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menerima langsung penghargaan tersebut. 

"Membanggakan!" ucap Arief Yahya secara singkat, padat, dan jelas; sambil memegang bendera Merah Putih. 

Banyak delegasi dari negara-negara anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat. 


(Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World memenangkan juara dunia. Foto: Dok. Kementerian Pariwisata RI)

Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang tersebut, yaitu kategori Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017. 

(Baca juga: Kementerian Pariwisata Launching Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata)

Menurut pernyataan yang diterima Metrotvnews.com, prestasi tersebut sangat membanggakan, mengingat ini kali pertama dalam sejarah Kompetisi video pariwisata UNWTO, Indonesia adalah satu-satunya negara yang mendapat dua kejuaraan tersebut.

Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. "Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara," kata Arief Yahya. 

Khusus dalam kategori People's Choice, pemenang dipilih berdasarkan dukungan e-voting dimana Presiden RI Joko Widodo turut mempromosikan untuk ikut memilih mlalui media sosial Facebook. 

"Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!" ucap Menpar Arief Yahya. 

Kekuatan Presiden Jokowi dalam mengajak publik dan warganet untuk memilih sangat besar dampaknya. Hal tersebut terlihat dari jumalh suara yang melejit hampir 50 ribu pemilih dalam kurun waktu 2x24 jam setelah ajakan.  

"Maju serentak tentu kita menang!" lanjut Menpar Arief yang dicuplik dari lirik lagu Maju Tak Gentar karya seniman dan sekaligus pejuang Cornel Simanjuntak. 


(Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang 22nd General Assembly UNWTO, yaitu kategori Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017. Foto: Dok. Kementerian Pariwisata RI)

Dalam video tersebut, destinasi yang diekspose adalah Jakarta, Wakatobi, Raja Ampat, Sumatera Utara, Lombok, Makasar, dan Banyuwangi yang diiringi dengan lagu What A Wonderful World oleh Louis Armstrong. 

"Secara internal, (kemenangan ini) menaikkan tingkat Confidence (kepercaya dirian). Secara eksternal memperkuat Credibility (kredibilitas). Dan sudah lolos dari Calibration (pengujian) melalui global standar atau kriteria yang berkelas dunia," ungkap Arief. 

Hasil Lengkap: 
Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia 
(People’s Choice Award) 

Berikut adalah juara video terbaik Regional: 

1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia

2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili

3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific  - Indonesia

4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss

5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir

6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan









(TIN)