Tips Memilih Kepiting

Raka Lestari    •    Senin, 09 Apr 2018 06:00 WIB
tips memasak
Tips Memilih Kepiting
Pastikan Anda menggunakan semua yang air dari esktrak kepiting untuk menambah rasa juicy dan juga untuk memperkaya rasa pada masakan Anda. (Foto: Katarzyna Pracuch/Unsplash.com)

Jakarta: Mengupas daging kepiting dari cangkangnya adalah pekerjaan yang cukup memakan waktu banyak. Namun hal itu sepadan dengan rasa daging kepiting yang lezat dan kaya manfaat.

Ditambah lagi sisa-sisa cangkang kepiting juga bisa digunakan untuk membuat bisque kaldu yang lezat sebagai dasar untuk hidangan lainnya.

Pastikan Anda menggunakan semua yang air dari esktrak kepiting untuk menambah rasa juicy dan juga untuk memperkaya rasa pada masakan Anda. 

Dilansir dari Independent.com, untuk mendapatkan daging yang paling manis, pilihlah daging kepiting betina. Tetapi jika Anda lebih suka daging putih, Anda akan mendapatkan lebih banyak dari itu dalam kepiting jantan.

(Baca juga: Kari Kepiting Menggugah Selera)


(Dilansir dari Independent.com, untuk mendapatkan daging yang paling manis, pilihlah daging kepiting betina. Tetapi jika Anda lebih suka daging putih, Anda akan mendapatkan lebih banyak dari itu dalam kepiting jantan. Foto: Osvaldo Escobar/Unsplash.com)

Selalu pilih kepiting atau lobster yang terasa berat karena ukurannya dan baunya segar. Kepiting dan lobster paling baik dimasak langsung segera setelah diambil, jadi pastikan ketika Anda membeli kepiting atau lobster dalam keadaan masih hidup baru setelah itu langsung dimasak secepatnya. 

Sebaiknya hindari membeli kepiting atau lobster mentah yang sudah mati, karena Anda tidak tahu sudah berapa lama mereka mati dan mungkin tidak lagi aman untuk dimakan. 

Ketika memasaknya, gunakan panci besar berisi air garam lalu masak sampai mendidih. Setelah air garam mendidih, masukkan kepiting atau lobster dan didihkan selama 11 menit per kg.

Biarkan kepiting dingin sedikit di dalam air garam tersebut. Setelah itu baru pindahkan ke nampan, letakkan di lemari es dan biarkan hingga dingin.






(TIN)