Cegah Penundaan, Pilih Waktu Penerbangan Pertama

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 11 Nov 2017 16:34 WIB
penerbangan lambat
Cegah Penundaan, Pilih Waktu Penerbangan Pertama
Cegah Penundaan, Pilih Waktu Penerbangan Pertama (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering mengalami penundaan (delay) waktu keberangkatan pesawat? Untuk menghindarinya, cobalah memilih waktu penerbangan dengan risiko keterlambatan minimal.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa waktu penerbangan yang lebih dini membuat waktu keterlambatan untuk terbang semakin kecil.

Menurut data yang dihimpun oleh Bureau of Transportation Statistics, waktu penerbangan terbaik adalah antara pukul 6 dan 7 pagi. Penerbangan dengan waktu tersebut rata-rata hanya mengalami keterlambatan sampai tempat tujuan sekitar 8,6 menit.

Sementara itu, penerbangan sebelum pukul 6 pagi atau antara pukul 7 sampai 8 pagi cenderung sampai tepat waktu.

FiveThirtyEight melaporkan, untuk setiap semakin lama waktu penerbangan, maka tingkat keterlambatan semakin besar. Selain itu, puncak waktu penundaan terjadi antara pukul 6 dan 7 malam dengan rata-rata mencapai rata-rata 20,7 menit. Durasi keterlambatan mencapai atas 20 menit pada jam keberangkatan pukul 9 malam.

Data tersebut juga menyebutkan tingkat keterlambatan keberangkatan pesawat di atas pukul 10 malam atau tengah malam sebesar 2 pesen. Ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang tak bisa bangun pagi-pagi buta untuk penerbangan pertama.

 


(ELG)