Keunikan 8 Negara Bagian di India Timur Laut

Wahyu Dwi Anggoro    •    Minggu, 10 Dec 2017 09:29 WIB
wisata asia
Keunikan 8 Negara Bagian di India Timur Laut
Warga Assam mengunjungi Kuil Hindu Balaji di Kota Guwahati (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Shillong: Wilayah India Timur Laut terdiri dari delapan negara bagian yakni Assam, Manipur, Tripura, Meghalaya, Mizoram, Nagaland, Arunachal Pradesh, dan Sikkim. Setiap negara bagian memiliki keunikan, baik dari segi geografi, demografi, budaya, agama, bahasa hingga pariwisata.

Negara bagian Assam, Manipur, dan Tripura terletak di daerah dataran rendah. Ketiganya banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu. Meskipun demikian, mereka tetap mempertahankan kebudayaan lokal.

Negara bagian Meghalaya, Mizoram dan Nagaland terletak di daerah perbukitan. Ketiganya memiliki banyak kesamaan dengan masyarakat Asia Tenggara. Berdasarkan penelitian, mereka secara genetik mirip dengan bangsa Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.


Kostum untuk Tari Topeng khas Sikkim

Negara bagian Arunachal Pradesh dan Sikkim terletak di kaki pegunungan Himalaya. Keduanya memiliki hubungan sejarah dengan kerajaan Tibet. Oleh sebab itu, mereka turut andil dalam melestarikan aliran agama Buddha khas Tibet.

1. Assam

Assam merupakan negara bagian terbesar di wilayah India Timur Laut. Wilayah Assam dibelah oleh sungai Brahmaputra yang dianggap suci oleh penganut Hindu. Negara bagian ini memproduksi teh, sutra, dan tekstil yang berkualitas tinggi.

2. Manipur

Manipur merupakan bekas kerajaan kuno yang telah ada sejak abad ke-12. Penduduk Manipur mayoritas berasal dari kelompok etnis Meitei. Negara bagian ini tercatat sebagai tempat lahir olah raga polo.

3. Tripura

Tripura merupakan bekas kerajaan Twipra yang sebelumnya berstatus protektorat Inggris. Lokasi Tripura berada terpencil di antara Bangladesh, Assam, dan Mizoram. Negara bagian ini terkenal dengan bangunan bersejarahnya seperti Istana Ujjayanta, Istana Neermahal, dan situs Unakoti.

4. Meghalaya

Meghalaya dalam bahasa sansekerta berarti kediaman awan-awan. Meghalaya pada jaman Kolonial Inggris mendapat julukan Skotlandia dari Timur. Negara bagian ini memang dianugerahi wilayah perbukitan yang jauh dari ancaman polusi.

5. Mizoram

Mizoram merupakan rumah bagi kelompok etnis Mizo. Menurut bahasa lokal, Mizo berarti suku perbukitan. Negara bagian ini terbuka untuk wisatawan yang mengantongi izin khusus.

6. Nagaland

Nagaland merupakan rumah bagi kelompok etnis Naga. Hingga saat ini, tidak diketahui dari mana nama kelompok etnis Naga berasal. Negara bagian ini didatangi banyak wisatawan saat perayaan festival Hornbill.

7. Arunachal Pradesh

Arunachal Pradesh masih dipersengketakan oleh India dan China. Wilayah Arunachal Pradesh pernah diduduki militer China pada 1962. Negara bagian ini dikunjungi banyak wisatawan pencinta alam pegunungan.

8. Sikkim

Sikkim merupakan negara bagian terkecil di wilayah India Timur Laut. Wilayah Sikkim tidak memiliki perbatasan langsung dengan Negara bagian India Laut Timur lainnya. Negara bagian ini merupakan destinasi favorit para wisatawan mancanegara


(DEV)