Peminat Wisata Kapal Pesiar di Asia Meningkat Hingga 40 Persen

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 20 Jul 2017 15:49 WIB
pariwisata
Peminat Wisata Kapal Pesiar di Asia Meningkat Hingga 40 Persen
Data CLIA juga menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 18 ribu wisatawan kapal pesiar berasal dari Indonesia di tahun 2014 dan jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat setahun kemudian. (Foto: Princess cruise. Dok. Navitransnapoli.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaya berwisata kini semakin beragam dengan pengalaman yang semakin unik. Salah satunya adalah dengan berwisata kapal pesiar yang sudah dianggap tak asing lagi.

Menurut data dari Cruise Line International Association (CLIA), telah terjadi peningkatan sebanyak 40 persen dalam wisata kapal pesiar dari tahun 2012 dengan jumlah 774.536 penumpang dari Asia menjadi 2.080.998 penumpang di tahun 2015. Diperkirakan akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat pada tahun 2020.

"Pengguna kapal pesiar semakin banyak, apalagi dari Asia. Pariwisata adalah salah satu bidang terbesar sehingga akan mengalami pertumbuhan yang besar," tukas Farriek Tawfik selaku Direktur Kawasan Asia Tenggara Princess Cruises dalam temu media, Kamis 20 Juli 2017.


(Farriek Tawfik selaku Direktur Kawasan Asia Tenggara Princess Cruises dalam temu media, Kamis 20 Juli 2017. Foto: Dok. Metrotvnews.com/Yanti)


Asia telah menjadi pasar wisata pesiar dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan Indonesia sebagai salah aatu pemeran penting dalam hal tersebut.

(Baca juga: Kapal Pesiar Pacific Eden Berlabuh di Makassar)

Data CLIA juga menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 18 ribu wisatawan kapal pesiar berasal dari Indonesia di tahun 2014 dan jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat setahun kemudian menjadi 40 ribu wisatawan.

Bila dilihat dari data tahun 2015, Tiongkok adalah negara dengan jumlah wisatawan kapal pesiar terbanyak, yaitu hampir 50 persen dari total orang Asia.

"Orang Tiongkok juga termasuk wisatawan yang mau belanja di dalam kapal (terdapat toko yang menyediakan barang-barang merek terkenal sebagai salah satu fasilitas kapal) dalam jumlah banyak (lima sampai enam buah) karena mereka berpikir lebih murah beli di sini daripada harus ke Eropa langsung," tambah Farriek.


(Foto: Dok. Pinterest/Anna Lockwood saved to Alaskan Cruise. Princess cruise)

Berikut adalah persentase peminat wisata kapal pesiar dari Asia.

- Tiongkok 47,4 persen
- Taiwan 11 persen
- Singapura 8,8 persen
- Jepang 8,6 persen
- India dan Hongkong 6,1 persen
- Malaysia 3 persen
- Indonesia 1,9 persen
- Korea Selatan 1,7 persen
- Filipina 1,6 persen
- Thailand 1,2 persen










(TIN)