Komplek Rumdin Pabrik Gula Disulap Jadi Tempat Wisata

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 11 Sep 2017 11:08 WIB
wisata jawa tengah
Komplek Rumdin Pabrik Gula Disulap Jadi Tempat Wisata
Taman Mbesaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah menjadi liburan alternatif bagi keluarga. (Foto: Dok. Mbesaran.blogspot.co.id)

Metrotvnews.com, Brebes: Banyak cara dilakukan warga untuk mengisi liburan di akhir pekan. Di Brebes, Jawa Tengah, terdapat lokasi wisata alternatif yang murah meriah bagi warga yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas.

Taman Mbesaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang, Brebes, tadinya hanyalah sebuah komplek rumah dinas pimpinan perusahaan yang memproduksi gula dari tebu masyarakat. Pabrik yang berdiri sejak tahun 1842 ini, hingga kini masih berproduksi.


(Rumah Mbesaran, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Dok. Mbesaran.blogspot.co.id)

Namun, banyaknya lahan kosong yang tidak berfungsi melahirkan gagasan mendirikan tempat wisata alternatif sekaligus sebagai taman terbuka hijau di lokasi seputar pabrik. Dipilihlah Komplek Rumdin Kepala Pabrik, karena lokasi tersebut sangat mendukung.

(Baca juga: Mencicipi Kelezatan Menu Inovatif Karya Mahasiswa STPPH)

“Selain itu, pimpinan khawatir banyak aset pabrik yang hilang atau menyusut sehingga butuh biaya perawatan yang diambil dari tiket pengujung,” ujar pengelola Taman Mbesaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang, Amirudin, Minggu, 10 September 2017.

Amir menjelaskan, ada beberapa wahana yang bisa dinikmati para pengunjng. Di antaranya, Kereta Api Mini Wisata, Kolam Renang, Terapi Ikan, Flying Fox, Panggung Hiburan, dan lainnya. Tiket masuk taman sangat terjangkau, yakni Rp2.000 per orang. Sementara di masing-masing wahana hanya ditarif rata-rata Rp5.000 per orang.


(Salah satu wahana yang ada di Mbesaran, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Dok. Mbesaran.blogspot.co.id)

Karena tempat ini dibuka hanya setiap hari Minggu, maka pantas jika disebut tempat wisata alternatif bagi warga Brebes, dan sekitarnya. Kecuali di hari tertentu seperti lebaran, tempat ini bisa dibuka setiap hari.

Salah satu pengunjung, Wijah asal Desa Sigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, merasa senang bisa mengajak keluarga ke Taman Mbesaran Hijau, Jatibarang. Ia yang baru pertama kali ke tempat ini mengaku akan sering berkunjung.

“Sangat senang, Insyallah nanti ke sini lagi,” katanya singkat.










(TIN)