Buka Wisata Bawah Laut, Bahrain Ceburkan Pesawat Boeing 747

Dhaifurrakhman Abas    •    Minggu, 27 Jan 2019 14:18 WIB
wisata
Buka Wisata Bawah Laut, Bahrain Ceburkan Pesawat Boeing 747
Gambaran pesawat boeing 747 di dasar laut (Foto: CNN)

Bahrain: Negara Teluk Persia di Bahrain bakal membuka tempat hiburan baru. Konsepnya berbentuk taman menyelam bawah air seluas 100 ribu meter persegi.

Rencananya, taman bawah laut ini akan diisi dengan beberapa fitur menarik dan tak biasa. Salah satunya dengan menenggelamkan pesawat jenis Boeing 747 sepanjang 70 meter.

Melansir CNN, pesawat yang bakal diturunkan ke dalam air itu merupakan kapal terbang yang sudah tak lagi laik mengudara. Lokasi penyelaman bawah laut juga akan menampilkan replika rumah mutiara Bahrain, terumbu karang buatan, dan patung seni.

Wahana ini dibangun berdasarkan kerjasama dari Supreme Council for Environment, Bahrain Tourism and Exhibitions Authority (BTEA), serta sektor swasta. Taman hiburan ini rencananya akan dibuka pada musim panas 2019.

Meski begitu rencana pembukaan wisata bawah air ini mendapat kritik keras. Pakar kelautan, Adriana Humanes, mengatakan material-material dari wahana yang akan dimasukkan ke bawah laut dikhawatirkan bakal merusak organisme laut.

Baca juga: Alasan Medis yang Menyebabkan Anda Kehilangan Selera Makan

"Bahan-bahan seperti tembaga, aluminium, timah dan baja, hidrokarbon minyak bumi dan polutan potensial lainnya dapat mengalami korosi. Hal ini memengaruhi organisme laut di sekitarnya," ujar ahli Ekologi Kelautan James Cook University tersebut.

Cook menambahkan, selain menyebabkan kerusakan organisme laut, wahana ini juga berpotensi menjadi ancaman keselamatan bagi para penyelam. Lantaran integritas struktural wahana pesawat dapat memicu penyakit serta membahayakan gerak penyelam amatir.

Menanggapi suara miring yang beredar, Badan Pariwisata dan Pameran Bahrain mengatakan, pihaknya sudah menghilangkan kontaminan di tubuh pesawat. Badan pesawat terbang juga akan dimodifikasi sedemikian khusus sebelum diterjunkan ke dalam laut.

Konsep hiburan bawah air yang diusung Bahrain pun bukan pertama kali diterapkan. Beberapa negara lain, seperti Maladewa dengan hotel bawah airnya dan museum bawah air AS di Florida.

Selain itu, di AS, sebuah jet Boeing 727 juga pernah ditenggelamkan di lepas pantai Miami pada 1993. Meskipun kondisi pesawat tersebut kemudian rusak dihantam Badai Gordon pada musim panas 1995.

Wisata Sejarah Susur Ambawara



(FIR)