Resep Membuat Salad Dressing

Raka Lestari    •    Senin, 24 Sep 2018 14:12 WIB
tips memasak
Resep Membuat Salad Dressing
Membuat salad tidak lengkap tanpa adanya dressing. (Foto: Zach Ward/Unsplash.com)

Jakarta: Membuat salad tidak lengkap tanpa adanya dressing. Ada banyak salad dressing yang bisa langsung Anda beli di supermarket terdekat. Namun, membuat salad dressing sendiri tentu akan lebih menyenangkan karena Anda bisa menentukan sendiri bahan-bahan apa saja yang akan digunakan. 

Dengan bahan-bahan kualitas terbaik salad dressing yang dibuat pun akan lebih sehat dibandingkan salad dressing yang instan. Berikut ini adalah beberapa resep dalam membuat salad dressing yang bisa Anda sontek di rumah.

1. Classic Vinaigrette

Bahan-bahan:
1 sdt bawang merah cincang
¼ cangkir (59 ml) extra virgin olive oil
? cangkir (118 ml) red wine vinegar
1 sdt mustard
Sejumput garam Kosher 
Sejumput lada putih
½ sendok teh bawang putih cincang 

Cara membuat:
Kocok semua bahan bersama-sama, lalu masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Berikan taburan sayuran berwarna hijau seperti seledri. Anda juga bisa menambahkan garam, merica, minyak zaitun, atau cuka.
 
(Baca juga: Beberapa Kesalahan Membuat Salad yang Sering Dilakukan)


(Membuat salad dressing sendiri tentu akan lebih menyenangkan karena Anda bisa menentukan sendiri bahan-bahan apa saja yang akan digunakan. Foto: Anna Pelzer/Unsplash.com)

2. Buttermilk Dressing

Gunakan buttermilk berkualitas terbaik untuk hasil yang lebih baik. Anda juga boleh menggunakan jenis yogurt apapun tetapi Greek yogurt akan menghasilkan produk akhir yang sangat tajam. 

Bahan-bahan:
¼ sdt bawang putih cincang
¼ sdt bawang merah cincang
¼ cangkir (240 g) buttermilk
¼ cangkir (245 g) yogurt polos
¼ sdt air lemon
1 sdt daun dill segar
½ sdt extra virgin olive oil
Garam kosher
Sejumput lada 

Cara membuat:
Aduk rata tujuh bahan pertama bersama dalam mangkuk. Baru kemudian tambahkan garam dan merica sesuai dengan selera Anda. Kemudian simpan di dalam wadah yang tertutup rapat untuk digunakan kembali. 




(TIN)