Cara Mengetahui Keadaan Seafood yang Masih Segar

Raka Lestari    •    Rabu, 08 Aug 2018 18:40 WIB
tips memasak
Cara Mengetahui Keadaan Seafood yang Masih Segar
Dengan kandungan nutrisi yang bagus dan juga rasa yang enak, seafood merupakan salah satu jenis makanan yang cukup sering dibuat. (Foto: Stefan Johnson/Unsplash.com)

Jakarta: Dalam memilih bahan makanan yang akan dimasak, sudah tentu harus memilih bahan makanan yang masih segar. Dengan begitu bukan hanya rasa yang akan lebih enak namun juga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya masih sempurna. 

Salah satu bahan makanan yang membutuhkan ketelitian ketika akan memilihnya adalah seafood.

Dengan kandungan nutrisi yang bagus dan juga rasa yang enak, seafood merupakan salah satu jenis makanan yang cukup sering dibuat, baik itu di rumah maupun di restoran. Sehingga perlu sekali mengetahui bagaimana cara memilih seafood yang baik untuk dimasak. 

(Baca juga: Cumi Sambal Hijau)


(Dalam memilih bahan makanan yang akan dimasak, sudah tentu harus memilih bahan makanan yang masih segar. Dengan begitu bukan hanya rasa yang akan lebih enak namun juga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya masih sempurna. Foto: Adrien Sala/Unsplash.com)

“Untuk udang, cara mengetahui udang yang Anda beli masih segar atau tidak adalah dengan melihat tekstur udangnya itu sendiri," ujar Jumhadi, Sous Chef Potato Head Paicific Place dalam acara peluncuran menu baru Potato Head Restaurant di kawasan SCBD, Rabu 8 Agustus 2018. 

"Kalau yang sudah tidak segar biasanya akan lembek, berbeda dengan yang masih segar kalau kita pencet dagingnya maka akan kembali lagi seperti semula,” tukas Jumhadi.

“Ikan juga sama seperti udang, kalau matanya masih jernih dan insangnya masih merah itu berarti masih fresh. Kemudian untuk cumi harus yang bentuk atau teksturnya masih keras. Dan untuk cumi biasanya terdapat kulit tipis yang menyelubunginya. Jika kulit tipis tersebut mudah robek maka cumi tersebut sudah tidak segar lagi,” tutur Jumhadi.




(TIN)