Mengapa Perth Pantas Jadi Tujuan Wisata Saat Bulan Ramadan

M Studio    •    Rabu, 01 Jun 2016 08:37 WIB
wisata eropa
Mengapa Perth Pantas Jadi Tujuan Wisata Saat Bulan Ramadan
Fremantle. (westernaustralia.com)

Metrotvnews.com: Ketika bulan Ramadan, umat Islam wajib menunaikan ibadah puasa. Anda tidak hanya harus menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan diri dari hal-hal yang dilarang oleh agama. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus mengurung diri di rumah dan tidak boleh berlibur dan pergi melihat dunia.


Menghabiskan waktu dengan berlibur saat berpuasa justru dapat membuat waktu berlalu dengan cepat, terutama jika Anda memilih tempat wisata yang tepat. Lalu, apa yang harus Anda perhatikan saat Anda hendak memilih tempat destinasi saat bulan puasa?


Salah satunya adalah cuaca. Saat Anda hendak berlibur di bulan Ramadan, terutama jika Anda adalah seorang muslim, sebaiknya Anda memilih tempat wisata dengan cuaca yang tidak terlalu panas. Misalnya, Perth.


Australia Barat mungkin dikenal dengan banyaknya hari cerah yang mereka alami dalam setahun, tapi, beruntung, bulan puasa tahun ini jatuh pada musim dingin. Perth memiliki iklim yang unik di mana jika belahan bumi utara sedang mengalami musim panas pada pertengahan tahun, Perth justru sedang memasuki musim dingin. Ini berarti, Anda dapat menikmati iklim yang sejuk saat berpuasa tahun ini.


Saat musim dingin, suhu di Perth berkisar antara 18-21 derajat celsius. Jadi, Anda dapat beraktivitas tanpa perlu mengkhawatirkan akan suhu yang terlalu ekstrem. Memang, selalu ada kemungkinan hujan akan turun saat Anda berlibur, tapi itu bukan berarti Anda tidak bisa menikmati berbagai kegiatan menarik. Di Perth, bahkan saat hujan sekalipun, ada banyak aktivitas indoor yang bisa Anda lakukan.


?(Foto: visitfremantle.com.au)


Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Fremantle Prison, salah satu penjara terbesar di Australia pada zamannya. Selama 140 tahun, tempat ini digunakan untuk memenjarakan kriminal. Namun, sejak tahun 1991, gedung yang dulunya berfungsi sebagai pejara diubah menjadi tempat wisata.


Di sana, Anda dapat melakukan tur didampingi seorang pemandu, yang akan menceritakan berbagai legenda menarik mengenai penjara ini. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang cukup berbeda, Fremantle Prison juga menawarkan tur saat malam hari yang bisa Anda jalani setelah berbuka puasa atau salat tarawih. Tur malam biasanya mulai pada 18.30, dan berlangsung hingga tengah malam.


(Foto: museum.wa.gov.au)


Tempat lain yang bisa Anda kunjungi adalah Western Australian Maritime Museum. Sesuai namanya, Anda dapat melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan kelautan. Di dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai kapal yang digunakan di Australia Barat, mulai dari perahu layar yang dibuat oleh tangan, hingga kapal pengangkut barang berharga. Di museum ini Anda juga dapat melihat berbagai kapal bersejarah, seperti Australia II, yacht yang memenangkan America's Cup.


Setelah puas mengunjungi museum, Anda dapat berjalan-jalan di pelabuhan Fremantle. Di sana, Anda dapat menikmati angin yang bertiup. Anda juga dapat menikmati pantai atau menyaksikan matahari terbenam, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Seolah untuk menyambut para turis yang berkunjung, warga Fremantle ramah dan murah senyum.



(Foto: Australia.com)


Fremantle juga dipenuhi dengan kafe dan restoran. Anda dapat menikmati makanan Anda di udara terbuka. Mengingat Fremantle adalah sebuah pelabuhan, maka ia juga dikenal dengan hidangan lautnya. Sepanjang Fishing Boat Harbour, Anda dapat menemukan restoran dan kafe, tempat yang tepat untuk mencoba makanan yang dibuat dari bahan segar dari Samudera Hindia.


Meskipun di Perth mulai muncul bar-bar kecil, namun ini bukan berarti tidak adan restoran halal yang dapat Anda temukan. Faktanya, di Perth terdapat banyak restoran halal yang dapat Anda datangi. Jenis masakan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari makanan Timur Tengah, Thailand, Malaysia hingga Singapura. Bagi Anda yang ingin makan masakan asli Indonesia, Anda juga dapat menemukannya di Perth.


Komunitas Muslim Australia bahkan telah membuat daftar restoran dan kafe halal yang ada di Australia, khususnya Perth. Jadi, tidak perlu lagi bingung untuk mencari restoran yang menyajikan makanan halal saat berkunjung ke Australia. Selain restoran, Anda juga dapat menemukan daftar masjid yang ada di Perth.


Semua hal di atas menunjukkan bahwa Perth adalah tempat ideal untuk menghabiskan liburan bulan puasa Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika Anda ingin pergi ke Perth? Anda dapat mengunjungi portal pencarian travel. Seperti Wego misalnya.


Di sini, Anda dapat membandingkan harga tiket pesawat sehingga Anda dapat memilih penawaran terbaik yang ada. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perbandingan harga untuk hotel. Jika Anda berkunjung bersama dengan keluarga, Anda dapat mencari akomodasi sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan kawasan di mana akomodasi atau tipe penginapan.

 


(ROS)