Wisata Religi Jadi Magnet Wisata di Sulawesi Selatan

Patricia Vicka    •    Kamis, 25 Jan 2018 16:22 WIB
wisata religi
Wisata Religi Jadi Magnet Wisata di Sulawesi Selatan
(Foto: Patricia Vicka)

Makassar: Sulawesi Selatan tak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga religi. Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Bruno S. Rantetan mengatakan, Kabupaten Tana Toraja memiliki beberapa destinasi wisata religi yang mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satunya Patung Yesus raksasa di Bukit Buntu Burake dan Pusat Ziarah Keluarga Kudus Nazaret di Sangalla.

Patung Yesus Raksasa dibangun pada 2014 dan diresmikan pada 2015. Dalam setahun, setidaknya ada lebih dari satu juta wisatawan yang datang ke Patung Yesus raksasa dan Pusat Ziarah Keluarga Kudus Nazaret. Bahkan patung raksasa setinggi 40 meter ini menjadi ikon wisata religi di Tana Toraja.



"Yang datang kesana dari berbagai agama dan negara. Tidak hanya Katolik. Mereka datang bukan hanya untuk berdoa, tapi untuk berfoto-foto dan melihat keindahan alam dari atas bukit," kata Bruno di Kantor Disbudpar Sulses Makassar, Rabu 25 Januari 2018.

Sementara, Pusat Ziarah Keluarga Kudus Nazaret kini sedang dalam proses pembangunan. Namun walau belum selesai, Bruno optimistis tempat tersebut akan menjadi salah satu tujuan pelancong.

Destinasi wisata rohani lainnya yang cukup terkenal adalah makam Pahlawan Pangeran Diponegoro yang terletak di Kota Makkasar.

"Kami coba minta sekolah untuk mengajak siswa siswinya napak tilas ke makam Pangeran Diponegoro. Selain itu bangunan dan kompleks makam kami lindungi dan rawat karena sudah masuk cagar budaya," paparnya.

Jumlah kunjungan wisata ke Sulsel sepanjang 2017  mencapai sekitar 8,3 juta orang. Tahun 2018, Pemprov Sulsel menargetkan peningkatan wisatawan sebesar 5-10 persen.


 


(DEV)